HomeKesehatan

Wajib Tahu, Begini Cara Cek Saldo BPJS Anda

Senin, 07 Agustus 2017
Wajib Tahu, Begini Cara Cek Saldo BPJS Anda
Ilustrasi kantor BPJS/Foto: Istimewa

TIPS - Berhubung BPJS Kesehatan merupakan perlindungan yang bersifat seperti jaminan asuransi dan sama halnya dengan BPJS ketenagakerjaan Jaminan Kematian dan Jaminan Kecelakaan Kerja, jadi tidak ada saldo untuk jenis jaminan tersebut. Saldo yang dapat diperiksa dari BPJS adalah saldo BPJS Ketenagakerjaan Jaminan Hari Tua. Karena jaminan ini bersifat seperti investasi/tabungan.

Jika Anda ingin mengetahui cara lebih lengkap untuk mengklaim BPJS ketenagakerjaan, Anda dapat membacanya di Cara Klaim BPJS Ketenagakerjaan.

Pada umumnya, pekerja dapat mengetahui jumlah saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui dokumen yang dikirimkan dari BPJS setiap tahun. Namun kini, peserta BPJS tidak perlu menunggu setahun sekali untuk mengecek saldo Jaminan Hari Tua mereka. BPJS telah menyediakan kemudahan layanan dengan beberapa pilihan cara pengecekan saldo untuk pesertanya. Mulai lewat online atau internet, SMS ataupun aplikasi BPJS, semua layanan pengecekan saldo BPJS ini sangat membantu untuk pesertanya. Jika Anda hendak cek saldo BPJS ketenagakerjaan, perhatikan berikut penjelasan cara lengkapnya:

1. Cek saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan mengunjungi kantor BPJS

Ini merupakan cara cek saldo BPJS paling standard yang biasa dilakukan, jika Anda tidak dapat menggunakan cara lain. Dengan langsung mengunjungi kantor BPJS, Anda bisa langsung menunjukkan kartu BPJS Ketenagakerjaan Anda. Kemudian petugas akan memberitahu jumlah saldo Anda dan dapat meng-print slip saldo BPJS. Kekurangan dari cara manual ini, hanyalah pada lamanya antrian dan ketidak-ptraktisan untuk pergi ke kantor BPJS.

2. Cek saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan menggunakan SMS

Pengecekan saldo BPJS Ketenagakerjaan juga bisa dilakukan melalui pesan singkat BPJS. Melalui SMS Anda tidak perlu lagi datangi cabang kantor BPJS ataupun antri untuk menunggu giliran. Selain itu, biaya cara cek saldo BPJS dengan SMS boleh dikatan sangatlah murah. Caranya, cukup dengan mengirimkan SMS ke nomor SMS Center BPJS Ketenagakerjaan kemudian balasan jumlah saldo yang dimiliki akan dikirimkan.

Untuk mengecek saldo melalui SMS, pertama-tama Anda harus registrasi terlebh dahulu. Berikut langkah registrasi dan mengecek saldo BPJS lewat SMS:

- Ketik: REG#No. BPJS Ketenagakerjaan#Tanggal Lahir#Nama Ibu Kandung kemudian kirim ke 08111009696, contoh: REG#04B00056789#201090#ayu

- Kemudian Anda akan mendapatkan balasan SMS berisi nomor ID

- Lalu untuk mengecek saldo Anda dapat kirim SMS lagi dengan format Ketik: SALDO#No. ID lalu kirim ke 08111009696 contoh: SALDO#123456789

- Setelah itu, Anda akan menerima balasan SMS berisi saldo Jaminan Hari Tua Anda.

3. Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui ATM BNI

Jika Anda adalah nasabah dari BNI, Anda bisa cek saldo BPJS dari ATM BNI. Bank BNI telah bekerja sama dengan pihak BPJS untuk memberikan layanan cek saldo BPJS melalui ATM BNI. Akan tetapi layanan di ATM BNI ini hanya khusus untuk mengecek saldo, tidak dapat untuk melakukan pencairan saldo tersebut. Di ATM BNI, Anda cukup memilih pilihan cek saldo BPJS Ketenagakerjaan yang tersedia, maka kemudian mesin ATM akan menunjukan jumlah yang Anda miliki. Cara ini merupakan cara cukup praktis bagi nasabah BNI, tetapi tidak untuk masyarakat umum yang bukan nasabah BNI.

4. Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan online/melalui website BPJS

Selain cara SMS, ATM dan manual, Anda juga bisa cek saldo BPJS online yakni lewat website resmi BPJS. Cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan online ini merupakan salah satu cara terpraktis, karena Anda dapat melakukannya kapan saja dan dimana saja. Anda cukup memiliki akses internet maka pengecekan saldo-pun dapat dilakukan. Berikut langkah pengecekan saldo BPJS secara online:

- Registrasi online BPJS Ketenagakerjaan

Pertama, Anda harus mendaftar terlebih dahulu dengan cara kunjungi ke halaman sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/registrasi.bpjs. Siapkanlah kartu BPJS Ketenagakerjaan atau Nomor KPJ Anda, lalu isi form secara lengkap dan klik SUBMIT DATA. Kemudian Anda akan menerima SMS / Email kode aktivasi.

- Aktivasikan akun

Setelah menerima kode aktivasi maka masukan kode tersebut di halaman berikutnya, lalu pilih SUBMIT. Kemudian Anda akan menerima email untuk konfirmasi aktivasi akun.

- Login akun BPJS

Setelah akun Anda aktif, maka Anda dapat mengunjungi es.bpjsketenagakerjaan.go.id/#tenagakerja dan Login dengan email dan PIN Anda.

- Cek saldo BPJS Ketenagakerjaan online

Kemudian Anda dapat memilih pilihan Cek Saldo JHT. Pilih KPJ BPJS Ketenagakerjaan Anda, lalu klik SUMBIT. Maka jumlah saldo Jaminan Hari Tua Anda akan ditunjukan. Jika Anda memutuhkan informasi lainnya Anda dapat memilih menu lainnya seperti e-Klaim dan simulasi JHT.

5. Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui aplikasi BPJSTK Mobile

Dengan makin banyaknya orang yang memiliki smartphone, saat ini BPJS Ketenagakerjaan juga hadir dalam bentuk aplikasi. Dengan demikian, Anda cukup mengunduh / download aplikasinya lewat Google Play, App Store, dan BlackBerry World. Aplikasi tersebut bernama BPJSTK Mobile. Berikut penjelasan langkah cek saldo dengan aplikasi BPJSTK:

- Download dan install aplikasi BPJSTK Mobile di Google Play, App Store, dan BlackBerry World

- Setelah di download maka Anda dapat membuat akun BPJS Anda di aplikasi tersebut terlebih dahulu

- Kemudian Login ke akun BPJS dengan email dan PIN Anda

- Lalu Anda cukup memilih fitur Saldo JHT, lalu Cek Saldo JHT. Informasi yang diinginkan akan muncul di layar ponsel Anda.

Praktis dalam mengecek saldo BPJS

Dengan pilihan cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan yang beragam, peserta dari BPJS kini tidak perlu lagi susah payah mengunjungi cabang kantor BPJS. Anda tidak perlu lagi antri dan menunggu giliran ataupun harus pergi ke kantor tersebut. Cukup pilih salah satu cara termudah dan terpraktis untuk Anda.
Untuk Anda yang belum juga mendapatkan kartu BPJS, bisa segera konfirmasikan dengan pihak HRD di kantor Anda. Bagi Anda yang pekerja lepas, segera kumpulkan dokumen yang diperlukan untuk mengurus pembuatan kartu BPJS di kantor BPJS terdekat. Karena dengan memiliki BPJS, Anda akan memiliki jaminan untuk keperluan pengobatan dan jaminan untuk hari tua kelak.

*Kerja sama Minangkabaunews dengan AturDuit Cara Cek Saldo BPJS

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi/AturDuit


[ Ikuti Terus Minangkabaunews Melalui Sosial Media ]



REKOMENDASI
plus
TERPOPULER
plus
VIDEO
plus
FOLLOW US
Desktop Version
Berita Foto - Redaksi - Disclaimer - Info Iklan - Logo - Kontak - Pedoman Media Siber