HomeLima Puluh Kota

Antisipasi Curah Hujan Tinggi dan Longsor, Pengguna Jalan Lintas Sumbar-Riau Diminta Lakukan Ini

Minggu, 13 Agustus 2017
Antisipasi Curah Hujan Tinggi dan Longsor, Pengguna Jalan Lintas Sumbar-Riau Diminta Lakukan Ini
jalan dikelok 9 yang licin

LIMAPULUH KOTA - Cuaca ekstrim melanda Limapuluh Kota dan sejumlah daerah di Sumbar, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Limapuluh Kota, Hendri Joni menghimbau pengguna jalan Sumbar-Riau untuk tetap hati-hati dan mewaspadai terjadi tanah longsor akibat tingginya curah hujan beberapa hari terakhir.

Dikatakan Hendri, jalur Sumbar Riau yang patut diwaspadai yakni Tanjuang Pauh Kecamatan Pangkalan, Kilometer 17 Jorong Tanjung Alam dan Kelok 9 di Jorong Aia Putiah Kecamatan Harau.

"Pihak BPBD tetap siaga. Selain pengguna jalan yang melintasi jalur itu, masyarakat juga diminta waspada pada musim hujan ini," katanya.

Hendri menambahkan, jalur penghubung dua provinsi itu hampir setiap tahun terjadi tanah longsor. Ia menyebutkan koordinasi tetap dilakukan dengan Polres Limapuluh Kota dan Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan pihak terkait lainnya. Selain itu Kelompok Siaga Bencana (KSB) yang terbentuk di masing-masing nagari yang akan melaporkan setiap perkembangan.

"Tetap berkoordinasi, KSB di Nagari akan melaporkan situasi dan kondisi," imbuh Hendri.

Sementara itu, Kapolres Limapuluh Kota AKBP Haris Hadis Sik mengingatkan agar tetap berhati-hati. Pengendara maupun masyarakat dihimbau untuk tetap melihat kondisi cuaca saat melewati daerah rawan longsor.

"Tetap waspada dan hati-hati, beberapa titik rawan longsor ada di jalur tersebut. Jika terjadi sesuatu segera hubungi petugas. Parkir kendaraan ditempat aman ketika berhenti di sepanjang jalur itu," pungkas Kapolres ketika dihubungi minangkabaunews.com, Ahad (13/8/2017)

Sekedar diketahui dua hari terakhir Sumbar dilanda cuaca buruk di sejumlah daerah di Sumbar, cuaca yang buruk ini akan menyebabkan kecelakaan bahkan longsor yang bisa saja terjadi. (Rhino)

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi


[ Ikuti Terus Minangkabaunews Melalui Sosial Media ]



REKOMENDASI
plus
TERPOPULER
plus
VIDEO
plus
FOLLOW US
Desktop Version
Berita Foto - Redaksi - Disclaimer - Info Iklan - Logo - Kontak - Pedoman Media Siber