HomePeristiwa

Ini Penjelasan BMKG Terkait Cuaca Buruk di Sumatera Barat

Senin, 09 Oktober 2017
Ini Penjelasan BMKG Terkait Cuaca Buruk di Sumatera Barat
ilustrasi hujan dan petir

PADANG - Kepala Stasiun Metereologi Minangkabau mengatakan potensi terjadinya cuaca buruk dengan curah hujan intensitas tinggi akan terjadi hingga dua hari kedepan.

Menyikapi cuaca buruk dua hari terakhir, Kepala Stasiun BMKG Minangkabau Subarkah mengatakan Saat ini MJO sedang aktif di Indonesia bagian barat, utamanya sebagian Sumatera. Ditambah dengan adanya pola konvergensi di lokasi yang sama. Konvergensi tersebut merupakan pertemuan dua massa udara yang berbeda sifat fisisnya. Kedua hal tersebut yang menyebabkan intensitas curah hujan di sebagian besar sumatera barat meningkat beberapa hari ini, serta 2 hari ke depan.

Subarkah menjelaskan Siklus Osilasi MJO (Madden Julian Oscillation) adalah variasi cuaca di sekitar wilayah ekuator dengan periode ulang antara 30-90 hari, bergerak dari Samudera Hindia menuju Samudera Pasifik, yang dalam pergeserannya melalui wilayah Indonesia.

"Pada tanggal 6 Oktober lalu kami sudah menyampaikan prospek cuaca kepada publik, yang mungkin saja terjadi di Sumatera Barat, diantaranya karena dua hal tersebut," tutupnya (RI)

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi


[ Ikuti Terus Minangkabaunews Melalui Sosial Media ]




gtv the next boy girl band season 2 padang
REKOMENDASI
plus
TERPOPULER
plus
VIDEO
plus
FOLLOW US
Desktop Version
Berita Foto - Redaksi - Disclaimer - Info Iklan - Logo - Kontak - Pedoman Media Siber