HomePadang

Kondisi Obyek Wisata Batu Malin Kundang Memprihatinkan, Ini Jawaban Kadis Pariwisata Padang

Senin, 09 Oktober 2017
Kondisi Obyek Wisata Batu Malin Kundang Memprihatinkan, Ini Jawaban Kadis Pariwisata Padang
Objek Wisata Batu Malin Kundang di Pantai Air Manis, Kota Padang, Sumbar

PADANG - Sejumlah pengunjung objek wisata pantai Air Manis di Kelurahan Air Manis, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) mengeluhkan adanya Batu Malin Kundang yang kondisinya memprihatinkan.

Pantau Minangkabaunews Senin (9/10/2017) di lapangan menyatakan kondisi objek wisata yang terkenal degan legendanya itu tampak tak terawat dan banyak bagian batu yang hancur.

Potensi objek wisata Malin Kundang terkesan tidak bisa dimanfaatkan oleh pemerintah daerah melalui dinas terkait, sehingga dibiarkan begitu saja tanpa ada perawatan.

Buktinya, Batu Malin Kundang merupakan salah satu objek wisata andalan di Pantai Air Manis, kondisinya memprihatinkan, selain banyak retakan fasilitasnya juga dibiarkan rusak tanpa perawatan.

"Sebenarnya Batu Malin Kundang merupakan salah satu objek wisata yang digemari dan sering dikunjungi warga Padang dan luar daerah, baik saat hari-hari besar maupun hari libur, namun akhir-akhir ini sudah jarang lantaran kondisinya tidak terawat," kata Hasan salah sorang warga setempat yang ditemui di lokasi.

Menurutnya kondisi seperti itu sudah cukup lama terjadi, namun belum adanya upaya pemerintah setempat untuk mengoptimalkan agar kondisi objek wisata memikat pengunjung.

"Setahu saya sudah cukup lama, bukan disini saja hampir seluruhnya tidak terawat, seperti Pantai Air Manis, kondisi pantai juga di penuhi sampah, setidaknya adalah upaya pemerintah ke arah perbaikan," kata Hasan.

Ia berharap pemerintah serius untuk merawat dan memperbaiki fasilitas objek wisata di Pantai Air Manis, sehingga ada kenyamanan bagi pengunjung dan membuka lapangan kerja bagi warga setempat, dan berdampak pada peningkatan Pendapat Asli Daerah (PAD) itu sendiri.

"Banyak manfaat terutama bagi masyarakat disini dan untuk mendongkrak pendapatan bagi Pemerintah Kota Padang," kata Hasan.

Sementara itu, Kadis Pariwisata Kota Padang Medi Iswandi mengatakan Saat ini sudah selesai disusun DED kawasan Batu Malin Kundang ini, namun biaya yang dibutuhkan untuk pembangunan fisiknya sangat besar dan harus diajukan ke pemerintah pusat.

"Sekarang sedang diajukan biaya perbaikan obyek wisata kepada Pemerintah pusat, mudah-mudahan segera cair," ujar Medi dalam keterangan Whatappsnya.

Lanjut Medi Iswandi, Namun yang terpenting yang sedang kami lakukan saat ini adalah pembinaan masyarakat. Akan sangat mubazir jika pembenahan fisik dengan biaya besar tapi prilaku masyarakat belum membuat wisatawan nyaman. (RI)

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi


[ Ikuti Terus Minangkabaunews Melalui Sosial Media ]




gtv the next boy girl band season 2 padang
REKOMENDASI
plus
TERPOPULER
plus
VIDEO
plus
FOLLOW US
Desktop Version
Berita Foto - Redaksi - Disclaimer - Info Iklan - Logo - Kontak - Pedoman Media Siber