HomeBukittinggi

Wapres Jusuf Kalla: Renovasi Pasar Atas Bukittinggi Pasca Kebakaran Butuh Rp 400 Miliar

Sabtu, 04 November 2017
Wapres Jusuf Kalla: Renovasi Pasar Atas Bukittinggi Pasca Kebakaran Butuh Rp 400 Miliar
Wakil Presiden Jusuf Kalla didampingi Gubernur Sumbar Irwan Paryitno saat meninjau Pasar Atas Bukittinggi pasca kebakaran, Sabtu (4/11)

BUKITTINGGI - Wakil Presiden RI Jusuf Kalla dan istri Mufidah Jusuf Kalla didampingi Gubernur Sumbar Irwan Paryitno meninjau Pasar Atas (Pasa Ateh) Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar) pasca kebakaran yang menghanguskan ratusan toko itu.

JK menyebutkan pembangunan kembali Pasar Atas Bukittinggi tidak boleh dari pihak swasta. Pembangunan pasar itu harus dari pemerintah daerah dan akan dibantu pusat.

"Tidak boleh investor yang membangun, harus pemerintah daerah. Nanti, pemerintah pusat akan membantu, seperti pasar klewer di Solo," ujar Jusuf Kalla usai meninjau Pasar Ateh, Bukittinggi yang terbakar, Sabtu (4/11).

Jusuf Kalla menyebut sebelum dibangun kembali, pihaknya meminta Pemprov sumbar atau Pemko Bukititnggi terlebih dahulu memeriksa konstruksinya. Apakah bisa dibangun kembali atau dibangun baru. Semuanya tergantung dari hasil pemeriksaan ahli bangunan.

BACA JUGA: Video: Tanpa Diagendakan, Wapres Jusuf Kalla Tinjau Pasar Atas Bukittinggi Pasca Kebakaran

"Kita tunggu dulu hasil pemeriksaannya. Apakah dibangun kembali atau dibuat baru. Saat ini tim ahli sedang bekerja, dalam dua minggu ke depan akan keluar hasilnya," jelasnya.

Untuk perkiraan pembangunan kembali Pasa Ateh tersebut, Jusuf Kalla menyebut angka sekitar Rp300-400 miliar. Pembangunan itu akan dilaksanakan oleh pemerintah daerah dan akan dibantu pusat.

"Bagaimana pembagiannya, berapa daerah, berapa pusat itu nanti. Pemerintah pusat nanti akan membantu," tegasnya.

BACA JUGA: Anggota DPR RI Mulyadi: APBN 2018 Tak Mungkin Digunakan Untuk Pembangunan Pasar Atas

Untuk relokasi pedagang sementara, Jusuf Kalla meminta Pemko Bukittinggi segera melakukannya. "Sebelum dibangun, Pemko Bukittinggi harus buat relokasi pedagang sementara," tegasnya.

Seperti diketahui, Pasar Atas Bukittnggi terbakar hebat pada Senin 30 Oktober lalu sekira pukul 06.30 WIB. Kebakaran habat itu menghanguskan lebih dari 600 unit toko. (Iwin SB)

Berikut video kunjungan Wapres Jusuf Kalla ke Pasar Atas Bukittinggi

Editor/Sumber: Ikhlas Bakri


[ Ikuti Terus Minangkabaunews Melalui Sosial Media ]



REKOMENDASI
plus
TERPOPULER
plus
VIDEO
plus
FOLLOW US
Desktop Version
Berita Foto - Redaksi - Disclaimer - Info Iklan - Logo - Kontak - Pedoman Media Siber