HomeTanah Datar

Realisasi KTP dan Akte di Tanah Datar Belum Mencapai Target

Rabu, 15 November 2017
Realisasi KTP dan Akte di Tanah Datar Belum Mencapai Target
Kadisdukcapil Tanah Datar Elizabeth menyerahkan dokumen kependudukan kepada masyarakat saat jemput bola ke nagari-nagari

TANAH DATAR - Realisasi rekam KTP dan akte kelahiran di Tanah Datar masih belum optimal. Penyebabnya karena sering rusaknya mesin perekam dan printer pencetak Kartu Identitas Kependudukan yang ada di lima kecamatan di Tanah Datar.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Tanah Datar, Elizabeth saat ditemui awak media, Senin (13/11/2017)

"Akibatnya, hingga awal November ini, realisasi Akte Kelahiran baru pada 77 persen, dan 92.91 persen untuk rekam KTP, " ujar Elizabeth.

Ia mengatakan, rusaknya mesin perekam dan printer tersebut menjadi salah satu kendala utama dalam realisasi pencapaian target.

Elizabeth menyebutkan, berdasarkan laporan regular pada bulan Oktober, dari 366.136 jiwa jumlah penduduk Tanah Datar, 270.742 jiwa merupakan wajib KTP. Namun, dari jumlah itu, baru sekira 251.534 jiwa yang bisa melakukan perekaman. Sedangkan yang baru mencetak KTP secara regular sebanyak 249.196 jiwa.

"Jumlah total cetak bulan Oktober kemarin 2.066 keping, dengan sisa blangko kita sebanyak 1.660 keping. Dan yang belum cetak masih terdata sebanyak 2.338 keping. Artinya, hingga awal November ini realisasi kita baru 92,91 persen," jelasnya.

Selain persoalan kerusakan mesin pencetak dan perekaman sebut Elizabeth, kesadaran masyarakat juga menjadi kendala utama dalam pencapaian realisasi target. Padahal, menurutnya antisipasi dari sering rusaknya mesin tersebut, pihaknya telah melakukan proses jemput bola ke nagari-nagari yang ada di Tanah Datar.(romeo/an)

Editor/Sumber: romeo


[ Ikuti Terus Minangkabaunews Melalui Sosial Media ]



REKOMENDASI
plus
TERPOPULER
plus
VIDEO
plus
FOLLOW US
Desktop Version
Berita Foto - Redaksi - Disclaimer - Info Iklan - Logo - Kontak - Pedoman Media Siber