× Home Terkini Hot Topic Terpopuler Kategori Tag Berita Foto Video

Padang Ikut Lomba Kota Sehat Nasional

Selasa, 13 September 2011
Padang Ikut Lomba Kota Sehat Nasional

Padang, MinangkabauNews -- Tahun ini, merupakan tahun ke-4 keikutsertaan Kota Padang mengikuti Lomba Kota Sehat Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Kementrian Kesehatan dalam kurun waktu satu kali dalam dua tahun.
Wakil Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah, SP beserta pimpinan SKPD Kota Padang dan Pengurus Kota Sehat Kota Padang menyambut kedatangan Tim Verifikasi Kota Sehat Tingkat Nasional di Aula Balai Pembibitan Benih Pertanian Kota Padang di Sungai Lareh Lubuak Minturun (13/9).

Tim Verifikasi Kota Sehat Tingkat Nasional diketuai oleh Barlian,M.Kes dari Kementrian Kesehatan, dengan anggota Gusri Endah Suwarni dari Kementrian Kesehatan, Dahlia dari Kementrian Kesehatan, Syamrizal dari Kementrian Dalam Negeri dan Sutopo Sujiarno dari Kementrian Kehutanan.

Tujuan dan sasaran Kota Sehat adalah, Terciptanya lingkungan yang sehat, bebas pencemaran, pemukiman yang teratur sesuai rencana dan tata ruang serta terwujudnya masyarakat yang salingtolong-menolong dengan pola hidup sehat, Terciptanya perilaku masyarakat yang proaktif untuk memelihara dan meningkatkan kondisii masyarakat dan mencegah ancaman timbulnya berbagai penyakit masyarakat, Terwujudnya pelayanan kesehatan yang bermutu dari aparatur atau pelaku kesehatan terhadap masyarakat sesuai standar profesi dan etika pelayanan.

Dalam sambutannya, Mahyeldi menegaskan faktor utama untuk menciptakan Kota Sehat adalah lingkungan yang sehat. Permasalahan kesehatan bukan hanya tentang orang sehat dan orang sakit saja, tetapi bagaimana kita memperbaiki dan membenahi lingkungan, termasuk lingkungan kantor, lingkungan pasar, lingkungan industri, transportasi, lingkungan perumahan.

Ditambahkan Mahyeldi, keikutsertaan Kota Padang dalam lomba Kota Sehat diawali dari tahun 2003, tahun pertama keikutsertaan Kota Padang pada Lomba Kota Sehat tersebut mampu melaksanakan 3 tatanan dan meraih penghargaan Swasti Saba Padapa. Di tahun kedua keikutsertaan, di tahun 2005 Kota Padang bisa melaksanakan 5 tatanan dan meraih penghargaan dari pemerintah nasional berupa Swasti Saba Padapa.

Puncak prestasi verifikasi Kota Sehat Tingkat Nasional dicapai 2 tahun kemudian tepatnya tahun 2007, Kota Padang mampu melaksanakan 7 tatanan dan memperoleh penghargaan Swasti Saba Wistera.

Di tahun ke-4 ini Kota Padang mengikuti 9 tatanan yang terdiri dari; Kawasan Pemukiman Sarana dan Prasarana Umum Sehat, Kawasan Sarana Lalu Lintas Tertib dan Pelayanan Transportasi, Kawasan Pariwisata Sehat, Kawasan Industri dan Perkantoran Sehat, Kawasan Pertambangan Sehat, Kawasan Hutan Sehat, Ketahanan Pangan dan Gizi, Kehidupan Masyarakat Sehat yang Mandiri, dan Kehidupan Sosial yang Sehat. (Press Release Pemko Padang)

Editor/Sumber:

facebook twitter whatsapp linkedin pinteret email
REKOMENDASI
Selengkapnya

TERPOPULER
FOLLOW US
Redaksi Disclaimer Karir Info Iklan Logo Kontak Pedoman Media Siber