× Home Terkini Hot Topic Terpopuler Kategori Tag Berita Foto Video

Gempa 6,0 SR Guncang Mentawai Terasa Hingga Padang, Pengunjung Plaza Andalas Berhamburan

Sabtu, 02 Februari 2019
Gempa 6,0 SR Guncang Mentawai Terasa Hingga Padang, Pengunjung Plaza Andalas Berhamburan
Pengunjung plaza andalas berhamburan akibat gempa (Dok : Irwan)

PADANG -- Warga Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) dikejutkan dengan adanya gempa bumi berkekuatan 6,0 SR, Sabtu (2/2/2019) sore. Masyarakat yang tengah berbelanja di pusat perbelanjaan Plaza Andalas pun berhamburan hingga ke jalan.

"Lumayan kencang. Saya bahkan ingin melompati setiap tangga eskalator. Tapi mau gimana lagi, semua sudah berdesakan," kata Fadil, 27, salah seorang warga yang tengah berada di Plaza Andalas melalui sambungan telepon, Sabtu, (2/2/2019).

Saat gempa terjadi, Iwan mengaku tengah berada di lantai tiga. "Saya sedang lihat-lihat sepatu. Tiba-tiba ruangan Plaza ini berayun. Saat itu, orang-orang ribut dan teriak gempa. Saya pun memutuskan untuk lari. Alhamdulillah, aman," tutur Iwan warga Kuranji tersebut.

Guncangan gempa tidak saja dirasakan warga yang sedang berada di lantai 2 atau 3 bangunan. Di lantai rumah tak bertingkat pun, gempa terasa cukup kencang. Bahkan, sebagian warga turut berhamburan ke luar rumah.

"Guncangannya terasa cukup kencang," kata Dodo warga Padang Selatan.

Bmkg merilis episentrum gempa tersebut 117 kilometer tenggara dari Kepulauan Mentawai. Koordinat gempa berada di 99.84 lintang selatan dan 3.03 Bujur Timur. Sementara itu hiposentrum atau pusat gempa di bawah permukaan bumi itu berada di kedalaman 17 kilometer.

Tak ada peringatan tsunami atas gempa ini.

Setengah jam sebelumnya, Kepulauan Mentawai juga diguncang gempa berkekuatan 5.3 skala richter, tepatnya pada pukul 16.03 WIB. Gempa ini dirasakan hingga ke Padang dan Painan. (RIjoe)


Editor/Sumber: RIjoe


Polling Capres cawapres 2019-2024

[ Ikuti Terus Minangkabaunews Melalui Sosial Media ]



REKOMENDASI
Selengkapnya
TERPOPULER
Selengkapnya
VIDEO
Selengkapnya
FOLLOW US
Redaksi Disclaimer Info Iklan Logo Kontak Pedoman Media Siber