× Home Terkini Hot Topic Terpopuler Kategori Tag Berita Foto Video

Anak Nagari Suku Patopang Lubuk Tarok Baralek Gadang, Darul Siska Sandang Gelar Sutan Rajo Ameh

Senin, 11 Februari 2019
Anak Nagari Suku Patopang Lubuk Tarok Baralek Gadang, Darul Siska Sandang Gelar Sutan Rajo Ameh
Melewakan gala kepada darul siska caleg dpr ri nomor urut

SIJUNJUNG -- Anak nagari Lubuk Tarok, Kecamatan Lubuk Tarok Kabupaten Sijunjung Kaum Suku Patopang Mudik baralek gadang, prosesi malewakan gala kehormatan adat kepada Drs H. Darul Siska Sutan Rajo Ameh. Kegiatan ini dikemas dalam suatu acara adat nagari yang berlangsung meriah.

Acara pengukuhan gala adat (sako) tersebut dilewakan oleh Ninik Mamak Suku Patopang, Dariasman Sampono Manih yang dilangsungkan di Rumah Gadang Suku Patopang, Nagari Lubuk Tarok Sabtu, (9/2/2019).

Warga pun bergotong royong untuk memasak daging sapi yang akan dihidangkan pada hari penobatan gelar kehormatan adat tersebut.

Caleg DPR RI Dapil Sumbar Satu nomor urut satu mengatakan, "Saya terharu, bangga dan merasa terhormat mendapat gelar adat, karena ini adalah bentuk penghargaan dan kepercayaan orang banyak, sementara untuk mendapat gelar sarjana jauh lebih mudah, karena hanya perlu pengakuan beberapa orang dosen. Saya rasakan antara takut dan berani dipercaya oleh ninik mamak suku Patopang, takut jika mengecewakan dan berani karena mendapat motivasi dan dorongan untuk berbuat lebih baik bagi banyak orang dimasa yang akan datang. Saya mohon doa untuk dapat mengabdi dan berbuat lebih untuk kemajuan kaum suku Patopang khususnya dan masyarakat Sumatera Barat pada umumnya setelah menyandang gelar adat ini. Terima kasih tak terhingga pada masyarakat dan kaum dalam proses pengukuhan dan penobatan gelar Sutan Rajo Ameh," ucapnya.

Dalam sambutannya, Korbid Kepartaian DPP Golkar Ibnu Munzir Bagindo Sampono mengucapkan selamat atas dilewakanya gala Sutan Rajo Ameh dalam suku Patopang dan dia sangat yakin Bang Darul Siska akan bisa mengemban tugas dalam mengayomi anak kemenakan dan masyarakat Lubuk Tarok.

Wakil Ketua Komisi V DPR-RI Drs. H. Ibnu Munzir berharap pemangku adat dapat menjadi teladan dan pelindung bagi kaumnya di tengah tantangan era globalisasi yang mengancam akhlak anak kemenakan.

Di akhir penyampaiannya, Anggota DPR RI Ibnu Munzir menyampaikan selamat. "Selamat kepada H. Darul yang telah resmi menyandang gala Sutan Rajo Ameh, semoga dapat berbuat lebih banyak dan menjadi pengayom bagi kaum dan sukunya," tukasnya.

"Saya kenal pak Darul, beliau punya jaringan yang luas di Jakarta, selain itu di DPP beliau adalah guru saya, maka rugilah kita kalau tidak optimalkan potensi beliau yang luar biasa tersebut," ujarnya.

Afrizal Ninik Mamak setempat meminta Darul Siska agar memperhatikan irigasi dan jaringan komunikasi yang susah serta nasib anak kemenakan di Lubuk Tarok.

Ketua DPRD Sumbar, Hendra Irwan Rahim juga mengatakan ucapan selamat dan menyambut senang serta bangga atas dilewakannya Darul Siska sebagai penghulu. Dengan dilewakan gala ini

Hendra menyampaikan bahwa pemberian gelar kepada Bapak H. Darul Siska sudah pantas karena sangat peduli dengan masyarakat Lubuk Tarok.

Ia berharap Pak Darul bisa terus berjuang mengawal dan memperjuangkan aspirasi masyarakat di tingkat pusat. (RI)


Editor/Sumber: Rahmat Ilahi


Polling Capres cawapres 2019-2024

[ Ikuti Terus Minangkabaunews Melalui Sosial Media ]



REKOMENDASI
Selengkapnya
TERPOPULER
Selengkapnya
VIDEO
Selengkapnya
FOLLOW US
Redaksi Disclaimer Info Iklan Logo Kontak Pedoman Media Siber