× Home Terkini Hot Topic Terpopuler Kategori Tag Berita Foto Video

Bimtek AKD Berpengaruh Terhadap Kinerja Anggota Dewan di Pasaman

Sabtu, 01 Juni 2019
Bimtek AKD Berpengaruh Terhadap Kinerja Anggota Dewan di Pasaman
Delsi Syafei SH. Kabag Umum dan Keuangan DPRD Kabupaten Pasaman.

PASAMAN - Delsi Syafei, SH. Kabag Umum dan Keuangan DPRD Kabupaten Pasaman mengatakan Bimtek AKD yang dilaksanakan tanggal 26 - 30 Mei 2019 di hotel Dyan Graha Pekanbaru sangat terasa manfaatnya. Hal ini dikatakan Delsi Syafei saat dikonfirmasi diruang kerjanya, Jumat (31/05/2019).

Ia mengatakan Bimtek itu sangat besar pengaruhnya terhadap kinerja legislasi DPRD Kabupaten Pasaman setelah diadakannya bimtek. Bimtek yang merupakan salah satu bentuk persamaan persepsi bagi keseluruhan anggota DPRD yang terdiri dari berbagai macam latar belakang agar dapat menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik, terutama dalam hal kinerja legislasi katanya.

"Undang-undang No. 23 Tahun 2014, Pasal 1 ayat 4 menyatakan bahwa Dewan Perwakilan Rakyat Daerah yang selanjutnya disingkat DPRD adalah lembaga perwakilan rakyat daerah yang berkedudukan sebagai unsur penyelenggara Pemerintah Daerah yang di dalamnya termasuk pengelolaan keuangan daerah," tambahnya.

Peraturan Pemerintah Nomor 58 Tahun 2005 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah, salah satu pasalnya menjelaskan bahwa pengawasan atas keuangan daerah dilakukan oleh dewan, ujarnya.

"DPRD menjalankan kewajibannya dalam menyerap, menghimpun dan menindaklanjuti aspirasi masyarakat yang diwakilinya dalam konteks menjalankan hak DRPD di bidang keuangan dan administrasi khususnya dalam hal pengelolaan anggaran pembangunan," tambahnya lagi.

Menurut dia, bagi legislator yang terpilih pada Pemilu 17 April 2019 dan yang akan memulai kiprahnya sebagai anggota DPRD tentunya membutuhkan waktu dan kemauan keras untuk beradaptasi agar menjadi anggota DPRD yang kredibel dan andal dalam mengemban amanat rakyat yang diwakilinya, baik melalui diklat fungsional maupun seminar pengembangan kapasitas anggota DPRD, semuanya itu tentu membutuhkan waktu.

"Namun kondisi lingkungan kerja seorang legislator saat ini dibutuhkan kecepatan dalam bertindak," sebutnya.

Ditempat terpisah Dedy Tri Mulya Bendahara DPRD Kab. Pasaman mengatakan dengan dilaksanakan Bimtek kemaren, semoga DPRD dapat memainkan peranannya dengan baik.

"Mudah-mudahan hasil Bimtek dapat diaktualisasikan serta dimanfaatkan dalam menujang pelaksanaan tugas dan fungsi DPRD," tutupnya. (Verdi)


Editor/Sumber: Siel Saputra




[ Ikuti Terus Minangkabaunews Melalui Sosial Media ]



REKOMENDASI
Selengkapnya
TERPOPULER
Selengkapnya
VIDEO
Selengkapnya
FOLLOW US
Redaksi Disclaimer Karir Info Iklan Logo Kontak Pedoman Media Siber