× Home Terkini Hot Topic Terpopuler Kategori Tag Berita Foto Video

Sudah Tiga Tahun Tak Kunjung Usai, Warga Air Haji Pessel Pertanyakan Sertifikat Prona

Senin, 05 Agustus 2019
Sudah Tiga Tahun Tak Kunjung Usai, Warga Air Haji Pessel Pertanyakan Sertifikat Prona
Ilustrasi sertifikat tanah.

PESISIR SELATAN - Sejumlah masyarakat Kenagarian Air Haji, Kecamatan Linggo Sari Baganti, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat mengeluhkan belum keluarnya sertifikat Proyek Operasi Nasional Agraria (Prona). Padahal, warga sudah melakukan proses kepengurusan sertifikat Prona sejak 2016.

Ketua KAN Kenagarian Air Haji, Jafri Sutan Rajo Lelo kepada Minangkabaunews.com, Senin (5/8/2019) mengatakan ia sudah hampir tiga tahun bersama warga lainnya sertifikat tanahnya tak kunjung diterima. Ia juga mengakui saat proses kepengurusan pihaknya sudah memenuhi seluruh persyaratan.

"Sebenarnya sertifikat tanah prona itu sudah ada yang selesai, dan yang belum sudah selesai dibuat sekarang masih ada di BPN. Namun memang pembagiannya kemasyarakat ini masih menunggu apakah nanti, atau bagaimana itu masih belum jelas," ucapnya.

Sebagaimana diketahui, Jafri menyebutkan, untuk di kenagarian air haji jumlah penerima ada 80 persil bidang tanah, Namun ada berkas yang kembali sebanyak 18 persil, dan ada 2 pengurusan sertifikat diluar Prona tersebut, itu karena kemungkinan ada yang salah dalam pembuatan nama dan lainnya.

"Padahal saya sudah membayar uang pengurusan sertifikat tanah diluar prona sebanyak Rp 13 Juta yang masing-masingnya ada yang bayar Rp 7 Juta dan Rp 6 Juta, dan itu pihak BPN mengatakan untuk memenuhi biaya persyarakat pengukuran tanah dan administrasi lainnya," ucapnya.

Jafri berharap, BPN segera memberikan sertifikat pribadi untuk masyarakat, karena sertifikat tersebut dibutuhkan masyarakat. Disamping itu untuk menghindari sengketa tanah yang ada di tengah masyarakat.

"Saya berharap kepada BPN supaya sertifikat tersebut sampai ke tangan masyarakat. Supaya tidak terjadi masalah nantinya," ujarnya.

Sementara itu, hingga berita ini diturunkan pihak BPN Pessel belum bisa dihubungi, dan akan dilakukan konfirmasi secepatnya. (Rio)


Editor/Sumber: Siel Saputra




[ Ikuti Terus Minangkabaunews Melalui Sosial Media ]



REKOMENDASI
Selengkapnya
TERPOPULER
Selengkapnya
VIDEO
Selengkapnya
FOLLOW US
Redaksi Disclaimer Karir Info Iklan Logo Kontak Pedoman Media Siber