× Home Terkini Hot Topic Terpopuler Kategori Tag Berita Foto Video

Hari Ini KPU Tetapkan Perolehan Kursi DPRD Provinsi Sumbar, Ini Hasilnya

Rabu, 14 Agustus 2019
Hari Ini KPU Tetapkan Perolehan Kursi DPRD Provinsi Sumbar, Ini Hasilnya
Rapat pleno kpu penetapan dprd sumbar periode 2019-2024, Rabu

PADANG -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumbar resmi menetapkan perolehan jumlah kursi untuk Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Barat dan anggota legislatif terpilih dalam pemilu legislatif 2019.

Penetapan jumlah kursi dan caleg terpilih berlangsung dalam rapat pleno terbuka di Hotel Mercure Padang, Rabu, (14/8/2019) siang.

"Menetapkan jumlah perolehan kursi partai politik dan calon terpilih anggota DPRD Provinsi Sumbar pada pemilihan umum 2019," kata Ketua KPU Sumbar, Amnasmen saat membaca Surat Keputusan.

Dalam rapat pleno tersebut, Partai Gerindra menjadi partai pemenang dengan meraih sebanyak 14 kursi.

Posisi kedua terbanyak ditempati PKS, Demokrat dan PAN masing-masing 10 kursi. Kemudian disusul Partai Golkar 8 kursi.

Selain dihadiri Ketua dan anggota KPU Sumbar, rapat pleno tersebut juga ikut dihadiri pimpinan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), pimpinan partai politik dan juga sejumlah anggota DPRD terpilih.

Seusai rapat pleno, Amnasmen mengatakan, pihaknya akan segera mengumumkan hasil penetapan tersebut dan selanjutnya mengusulkan nama-nama anggota DPRD terpilih untuk diserahkan kepada Menteri Dalam Negeri agar segera dilantik.

Menurut Amnasmen, untuk melengkapi syarat pengusulan nama-nama anggota DPRD terpilih ke Mendagri, maka setiap calon terpilih wajib menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) ke KPU.

"Waktunya 7 hari dari sekarang untuk menyerahkan LHKPN dan itu wajib hukumnya. Karena jika tidak diserahkan, maka kita tidak akan mengusulkan ke Mendagri," kata Amnasmen.

Berikut perolehan kursi di DPRD Sumbar periode 2019-2024
Partai Gerindra dengan 14 kursi, atau 476.985 suara: Desrio Putra, Hidayat, Evi Yandri, Tri Suryadi, Jempol Ismunandi Syofyan, Yunisra Syahiran, Khairuddin Simanjuntak, Nurkhalis, Supardi, Mesra, Syafruddin Putra, Maro Syahjohan dan Mukhlis Yusuf Abid.

Partai Keadilan Sejaterah dengan 10 kursi, 389.526 suara: Gustami Hidayat, Rahmad Saleh, Muhammad Ridwan, Rinaldi, Rafdinal, M. Ihpan, Irsyad Syafar, Budiman, Nurfirmanwansyah dan Hamdanus.

Partai Demokrat dengan 10 kursi, 358.566 suara: Suwirpen Suib, HM. Nurnas, Ismet Amzis, Nofrizon, Sabar, As, Darman Syahladi, Jefri Masrul, Arkadius Dt Intan Bano, Irzal Ilyas Ali Tanjung.

PAN dengan 10 kursi, 346.197 suara: Indra Dt. Rajo Lelo, Maigus Nasir, Muhammad Ikhbal, Andri Warman, Muzli M. Nur, Dody Delvy, Yosrizal, Syahrul Furqon, Ahmad Rius dan Muhayatul.

Partai Golkar dengan 8 kursi, atau 265.184 suara: Afrizal, Sitti Izzati Aziz, Lazwardi Erman, Benny Utama, Syafaruddin Dt Bandaro Rajo, Hendra Irwan Rahim, Khairunas dan Zarfi Deson.

PPP dengan 4 kursi atau 159.007 suara: Syafril Huda, Syawal, Daswippetra dan Imral Ade Nangsi.

Partai Nasdem dengan 3 kursi, atau 145.629 suara: Taufik Syahrial, Irwan Afriadi dan Bakri Bakar.

PDIP dengan 3 kursi, atau 128.986 suara: Albert Hendra Lukman, Syamsul Bahri dan Leli Arni.

PKB dengan 3 kursi, atau 102.681 suara: Firdaus, Donizar dan Rico Alviano. (RI)


Editor/Sumber: Rahmat Ilahi (Rijoe)




[ Ikuti Terus Minangkabaunews Melalui Sosial Media ]



REKOMENDASI
Selengkapnya
TERPOPULER
Selengkapnya
VIDEO
Selengkapnya
FOLLOW US
Redaksi Disclaimer Karir Info Iklan Logo Kontak Pedoman Media Siber