× Home Terkini Hot Topic Terpopuler Kategori Tag Berita Foto Video

Bertekad Raih Kota Tertib Ukur 2019, Inilah yang Dilakukan Pemko Pariaman

Kamis, 05 September 2019
Bertekad Raih Kota Tertib Ukur 2019, Inilah yang Dilakukan Pemko Pariaman
Sosialisasi Kemetrologian di gedung pondok indah Rabu (5/9/2019)

PARIAMAN -- Walikota Pariaman melalui Asisten II Sumiramis mengungkapkan Pemko Pariaman bertekad menjadi kota tertib ukur tahun 2019, sejumlah strategi akan diaplikasikan

Menurutnya, Kota Pariaman sudah mendapatkan penghargaan Pasar Tertib Ukur dari Kementerian Perdagangan RI yaitu Pasar Pariaman tahun 2016 dan Pasar Kuraitaji tahun 2018.

"Atas dasar dua penghargaan tersebut, saat ini Pemko Pariaman berupaya untuk menjadikan Kota Pariaman sebagai Daerah Tertib Ukur Tahun 2019," ujar Sumiramis saat sosialisasi kemetrologian Kota Pariaman sebagai daerah tertib ukur di gedung pondok indah Rabu (5/9/2019)

Ia menjelaskan bahwa, metrologi Legal adalah Metrologi yang mengelola satuan-satuan ukuran, metoda-metoda pengukuran, dan alat-alat ukur, yang menyangkut persyaratan teknik dan peraturan berdasarkan Undang-Undang, yang bertujuan melindungi kepentingan umum dalam hal kebenaran pengukuran.

"Untuk terlaksananya bidang kemetrologian yang baik dan benar, terdapat banyak faktor- faktor yang saling berkaitan satu dengan lainnya. Salah satu faktor tersebut adalah Performance atau kemampuan dari alat Ukur, Takar, Timbang Dan Perlengkapannya (UTTP)," ucapnya.

UTTP adalah sebagai tolak ukur kebenaran dan ketelitian pengukuran, sehingga dapat mencegah terjadinya kecurangan para pelaku usaha, dikarenakan para konsumen yang kurang memahami dalam cara pengukuran yang benar, ulasnya lebih lanjut.

"Untuk itu, pedagang harus jujur dalam menggunakan alat ukur atau timbangan, jangan sampai mengakali alat ukur sedemikian rupa, sehingga merugikan orang lain, dan Pemko Pariaman berkomitmen untuk menjamin keakuratan UTTP tersebut, sehingga Kota Pariaman dapat menjadi Daerah Tertib Ukur 2019," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Perindagkop & UKM) Kota Pariaman, Gusniyeti Zaunit mengatakan bahwa salah satu syarat untuk menjadikan Kota Pariaman sebagai Daerah Tertib Ukur, adalah dengan mengadakan sosialisasi terlebih dahulu kepada segala unsur yang terlibat.

"Melalui kegiatan sosialisasi ini, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman konsumen, terhadap alat ukur, takar, timbang dan Perlengkapannya (UTTP), sehingga dapat menggunakan alat-alat UTTP tersebut, dengan baik dan benar," lugasnya.

Acara ini diikuti 100 orang peserta yang terdiri dari unsur pedagang pasar, SPBU, UPTD Kesehatan, Pos Indonesia, unsur BUMN dan BUMD serta menghadirkan narasumber yang berkompeten di bidangnya. (war)


Editor/Sumber: Rahmat Ilahi (Rijoe)




[ Ikuti Terus Minangkabaunews Melalui Sosial Media ]



REKOMENDASI
Selengkapnya
TERPOPULER
Selengkapnya
VIDEO
Selengkapnya
FOLLOW US
Redaksi Disclaimer Karir Info Iklan Logo Kontak Pedoman Media Siber