× Home Terkini Hot Topic Terpopuler Kategori Tag Berita Foto Video

Mahasiswa Lakukan Orasi Menuntut Pemkab Pessel Segera Selesaikan Persoalan RSUD M Zein Painan

Kamis, 03 Oktober 2019
Mahasiswa Lakukan Orasi Menuntut Pemkab Pessel Segera Selesaikan Persoalan RSUD M Zein Painan
Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam HMI Cabang Pessel gelar orasi di depan kantor bupati setempat (Dok Ist)

PESISIR SELATAN -- Puluhan mahasiswa berbagai perguruan tinggi di Kabupaten Pesisir Selatan yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Pesisir Selatan menggelar aksi unjuk rasa gedung perkantoran yang ada di Kota Painan, Kabupaten Pesisir Selatan. Kamis (3/10/2019). Aksi tersebut berjalan aman dan dikawal oleh pihak kepolisian setempat.

Berdasarkan informasi, orasi yang dilakukan HMI, mahasiswa menuntut beberapa poin diantaranya, persoalan pembangunan RSUD. M Zein Painan, penolakan Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUUHP), RUU Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) serta persolan kerusuhan anarkis terjadi di Wamena yang menewaskan 9 orang warga asal Pesisir Selatan.

"Terutama, kami sampaikan dalam orasi ini persoalan RSUD M. Zein Painan, saking maraknya gedung rumah sakit yang terbengkalai, padahal dana pembangunan RSUD tersebut memakan anggaran senilai Rp 99 miliar. Bagaimana nantinya kalau tidak dialokasikan tentang rumah sakit ini, lebih alangkah baiknya dialokasikan ke pembangunan lain yang dinilai lebih bermanfaat," ungkap Hardiansyah Kurniawan kordinator lapangan HMI disela-sela orasi di depan kantor halaman bupati setempat.

Lanjutnya, Mahasiswa menilai Pemkab Pesisir Selatan dan DPRD Pesisir Selatan sampai saat ini belum menentukan sikap dan kejelasan terkait persoalan pembangunan yang ada di Pesisir Selatan.

"Kami meminta kepada pemerintah kabupaten pesisir selatan terutama DPRD harusnya jeli, karna salah satu tugas DPRD itu adalah mengawas dan mengalokasikan dana tersebut, jadi harusnya ada sinergitas antara pemerintah kabupaten pesisir selatan dan DPRD, tapi sampai saat ini kami menilai antara DPRD belum ada menentukan sikap kejelasan dan masalah-masalah yang ada pesisir selatan," ucapnya.

Sementara itu, dalam orasi puluhan mahasiswa HMI tersebut sayangnya Bupati Pessel, Hendrajoni tidak berada di tempat dan diwakilkan oleh Sekda Pessel Erizon. Dalam kesempatan itu, Sekda Pessel mengatakan, tuntutan mahasiswa ini akan disampaikan nanti kepada Bupati.

"Ya, tadi saya sudah telpon bupati, kata beliau (Hendrajoni-red) akan berdiskusi secepatnya dengan mahasiswa, sebab, bupati sedang berada diluar daerah," ucapnya.

Selanjutnya orasi tersebut dilanjutkan ke gedung DPRD untuk melanjutkan aksi dan tuntukan puluhan mahasiswa yang tergabung dalam HMI cabang pesisir selatan. (Rio)


Editor/Sumber: Rio Irawan




[ Ikuti Terus Minangkabaunews Melalui Sosial Media ]



REKOMENDASI
Selengkapnya
TERPOPULER
Selengkapnya
VIDEO
Selengkapnya
FOLLOW US
Redaksi Disclaimer Karir Info Iklan Logo Kontak Pedoman Media Siber