× Home Terkini Hot Topic Terpopuler Kategori Tag Berita Foto Video

Wabup Ferizal Ridwan Sentil Perselingkuhan Politisi-Birokrasi, Hingga Plesiran Ratusan ASN

Jumat, 04 Oktober 2019
Wabup Ferizal Ridwan Sentil Perselingkuhan Politisi-Birokrasi, Hingga Plesiran Ratusan ASN
Wabup Ferizal Ridwan memberi sambutan saat Rapat Paripurna DPRD 50 Kota agenda pengambilan sumpah dan janji Wakil Ketua Dewan di ruang sidang DPRD setempat.

LIMAPULUH KOTA - Wakil Bupati Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan, menyentil adanya kesan perselingkuhan antara Politisi dengan Birokrasi dalam penyusunan dan penggunaan APBD terkait kegiatan perjalanan dinas ke luar daerah.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati ketika didaulat memberikan sambutan dalam prosesi Rapat Paripurna DPRD, agenda pengambilan sumpah jabatan dua wakil Ketua Dewan di ruang sidang DPRD setempat, Selasa 4 September 2019 siang.

Awal pidatonya, Ferizal menyampaikan salam maaf dari Bupati Irfendi yang tidak sempat hadir pada Rapat Paripurna, karena sedang berada diluar daerah. Dia kemudian menyinggung perihal minimnya kehadiran pejabat birokrasi, karena disebabkan ratusan pejabat dan ASN tengah tugas di luar daerah.

"Karena mereka telah mendapatkan berkah oleh ditetapkannya APBD P 2019 beberapa hari lalu. Saya juga berterimakasih dan salut atas kerjasama eksekutif dan DPRD atas pengesahan APBD Perubahan 2019 yang luar biasa dan luar dari biasa," sentil Ferizal Ridwan.

Itu semua, sebutnya, juga dapat terhindar dari WTP kedua setelah APBD Perubahan 2018 meskipun hanya dibahas selama enam hari. Sebab diketahui, pembahasan APBD Perubahan tahun lalu disebutnya mendapatkan WTP, dengan singkatan Wajar Tanpa Perubahan.

"Akibatnya, semua kita mendapat berkah, salah satu bertambahnya anggaran perjalanan dinas luar daerah. Minggu ini saja, ratusan pejabat dan pegawai kita ramai-ramai dinas ke keluar daerah. Begitu juga DPRD yang akan segera menyusul," ulas Ferizal Ridwan.

Disamping itu, Ferizal mengucapkan selamat terkait prosesi pengambilan sumpah Wakil Ketua DPRD. Ia menyebut, ini akan memperlengkap alat kelengkapan DPRD dan menjadikan lembaga DPRD lebih aspiratif, amanah, propseional serta beriwibawa.

Dia berharap, kerjasama dan dukungan DPRD atas program pemerintah akan dapat berjalan sukses tanpa ada kesan perselingkuhan antara politisi dengan birokrasi. Adapun sesuai tata tertib dan Undang-Undang, ke depan Ferizal berharap lembaga DPRD tidak lagi menerima perwakilan birokrasi dari pejabat eselon II apabila Wakil Bupati berada di kantor. "Sebab, ini kan konstitusi," tutupnya.

DPRD Akan Panggil Kepala Daerah dan Pejabat Terkait

Mendengar pernyataan wakil bupati dalam memberi sambutan usai pembacaan sumpah janji Wakil Ketua DPRD, Anggota DPRD Fraksi PAN Marsanova Andesra, langsung meminta intruksi kepada pimpinan rapat yaikni Deni Asra, untuk menyampaikan pendapat.

Mewakili DPRD, Andes secara tegas menyebut akan mengevaluasi dan menindaklanjuti apa yang disampaikan oleh Wakil Bupati terkait adanya ratusan pejabat dan ASN yang melakukan perjalanan dinas secara massal ke luar daerah.

"Ini kita tindaklanjuti. Kalau benar apa yang disampaikan Saudara Wakil Bupati ada pejabat dan ASN di eksekutif melakukan perjalanan dinas massal, nanti kami akan panggil semua yang bersangkutan. Termasuk Bupati dan Wakil Bupati, akan kami minta keterangan atau penjelasannya soal ini," ujar Marsanova Andesra. (aking)


Editor/Sumber: Rino Chandra




[ Ikuti Terus Minangkabaunews Melalui Sosial Media ]



REKOMENDASI
Selengkapnya
TERPOPULER
Selengkapnya
VIDEO
Selengkapnya
FOLLOW US
Redaksi Disclaimer Karir Info Iklan Logo Kontak Pedoman Media Siber