× Home Terkini Hot Topic Terpopuler Kategori Tag Berita Foto Video

Tradisi Makan Bajamba adalah Identitasnya Orang Minangkabau

Selasa, 08 Oktober 2019
Tradisi Makan Bajamba adalah Identitasnya Orang Minangkabau
Acara makan bajamba dalam rangka memperingati HUT Pasaman ke -74.

PASAMAN -- Meriahkan HUT Pasaman ke74, Pemkab Pasaman menggelar makan bajamba bersama tokoh masyarakat dan anggota DPRD di halaman Kantor Bupati,Selasa (8/10/2019). Tradisi makan bajamba adalah identitasnya etnis Minang.

Bupati Pasaman, H. Yusuf Lubis menyebutkan makan bajamba ini digelar setelah rapat paripurna istimewa HUT Pasaman ke74 bersama para tokoh Pasaman dan undangan lainnya.

Menurutnya, makan bajamba merupakan tradisi makan yang dilakukan oleh masyarakat Minang terutama bagi daerah Kabupaten Pasaman dengan cara duduk bersama-sama di dalam suatu ruangan atau tempat yang telah ditentukan.

Ditambahkannya, halaman Kantor Bupati Pasaman sebagai lokasi makan bajamba, karena lokasinya sangat luas dan kantor Bupati merupakan salah satu icon di daerah ini.

"Tahun kemarin, makan bajamba dilaksanakan di halaman DPRD Pasaman dan tahun ini kita laksanakan di Halaman Kantor Bupati Pasaman ini," ujarnya.

Ia juga menyampaikan, makan bajamba mengandung makna yang sangat dalam. Dimana tradisi makan bersama ini akan memunculkan rasa kebersamaan tanpa melihat perbedaan status sosial di antara sesama.

Dalam menyajikan makanan bajamba itu, seluruh perwakilan perempuan memakai baju kurung basiba ciri khas baju kurung Minang.

Dalam kesempatan ini, Sekretaris Daerah (Sekda) Pasaman Mara Ondak mengatakan makan bajamba adalah bentuk kebersamaan antar berbagai etnis dan rasa syukur.

Sekda menambahkan, makan bajamba ini kita laksanakan setiap tahunnya, juga dalam rangka melestarikan kebudayaan masyarakat dan memperkenalkan kepada generasi muda akan pentingnya kebersamaan.

Disampaikan juga, hidangan makan bajamba tersebut disiapkan oleh panitia HUT Pasaman, serta masing-masing OPD, dengan berbagai porsi makanan khas Pasaman, ditambah makanan penutupnya.

"Menu hidangan makan bajamba itu seperti nasi, singgang ayam, rendang daging, gulai cubadak, ikan palai, goreng ikan balado dan pergedel kentang, serta hidangan penutup berupa lemang baluo, dan buah-buahan," terangnya.

Kegiatan makan bajamba ini diikuti oleh Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit, Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis, Ketua DPRD Pasaman Bustomi beserta anggota DPRD, anggota DPRD Provinsi Sumbar yang berasal dari Pasaman, Mantan Bupati Pasaman, Bupati dan Wakil Bupati tetangga, Forkopimda, Sekda Pasaman, Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD Pasaman, tokoh perantau Pasaman, tokoh adat, bundo kanduang, organisasi dan undangan lainnya. (VERDI)


Editor/Sumber: Siel Saputra




[ Ikuti Terus Minangkabaunews Melalui Sosial Media ]



REKOMENDASI
Selengkapnya
TERPOPULER
Selengkapnya
VIDEO
Selengkapnya
FOLLOW US
Redaksi Disclaimer Karir Info Iklan Logo Kontak Pedoman Media Siber