× Home Terkini Hot Topic Terpopuler Kategori Tag Berita Foto Video

Cara Menghitung Upah Lembur Karyawan yang Harus Diketahui

Sabtu, 01 Februari 2020
Cara Menghitung Upah Lembur Karyawan yang Harus Diketahui
Talenta CEO Power breakfast

JAKARTA -- Sudah menjadi hal yang wajar saat karyawan diminta untuk menyelesaikan pekerjaannya hingga harus pulang terlambat. Biasanya hal ini terkait dengan target yang akan dicapai perusahaan atau memang karena jenis pekerjaannya yang memiliki banyak tanggung jawab di waktu tertentu. Misalnya, perusahaan swasta yang masih menggunakan penghitungan administrasi dan gaji manual dan seringkali mengharuskan karyawan untuk lembur. Seperti yang diketahui bahwa menghitung gaji dibutuhkan ketelitian dan akurasi yang tinggi.

Kriteria Lembur Menurut Depnaker

Untuk mengetahui jumlah upah lembur yang harus diberikan kepada pekerja, Anda perlu mengetahui ketentuan mengenai waktu kerja lembur terlebih dahulu. Dalam keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor KEP. 102 MEN/VI/2004 Pasal 1, menyebutkan bahwa perusahaan harus membayar uang lembur untuk karyawan yang:

1. Bekerja lebih dari 7 jam sehari dan 40 jam seminggu untuk 6 hari kerja;
2. Bekerja lebih dari 8 jam dan 40 jam seminggu untuk 5 hari kerja;
3. Bekerja pada hari istirahat mingguan dan hari libur nasional.

Dalam peraturan tersebut juga dijelaskan bahwa waktu kerja lembur tidak boleh melebihi tiga jam perhari atau empat belas jam dalam satu minggu.

Sistem Lembur yang Sering Dipakai

Sistem lembur yang sering digunakan oleh perusahaan di Indonesia ada dua, yaitu:
1. Lembur task force, adalah sistem lembur yang biasanya diberlakukan pada saat momen-momen tertentu, misalnya audit laporan keuangan dan tutup buku akhir tahun.
2. Stand by/call out, yang biasanya berlaku pada karyawan operasional pabrik, contohnya engineer. Karyawan ini masuk dan pulang sesuai jam operasional yang berlaku, tetapi saat sudah sampai di rumah atau saat libur kerja, mereka harus siap sewaktu-waktu mendapat panggilan dari pabrik.

Syarat Lembur dan Kewajiban Perusahaan

Perusahaan tidak boleh meminta karyawan untuk bekerja lembur begitu saja. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi terlebih dulu untuk meminta karyawan bekerja lembur seperti:
a. Harus ada perintah tertulis dari pengusaha dan persetujuan tertulis dari pihak yang bersangkutan;
b. Harus ada rincian pelaksanaan kerja lembur secara jelas, seperti daftar nama karyawan, waktu pelaksanaan, dan lain sebagainya.
c. Tanda tangan kedua belah pihak sebagai tanda persetujuan.

Jika seluruh syarat tersebut sudah terpenuhi, pihak perusahaan wajib memberikan upah lembur. Perusahaan juga wajib memberikan kesempatan untuk istirahat secukupnya, serta makanan dan minuman setidaknya 1.400 kalori jika kerja lembur yang dilakukan selama tiga jam atau lebih.

Perhitungan Lembur sesuai Ketentuan Undang-Undang

Terdapat dua cara untuk menghitung lembur karyawan berdasarkan peraturan pemerintah yang berlaku:

a. Untuk lembur pada hari kerja
Rate upah lembur adalah 1,5 kali upah sejam pada jam pertama lembur dan 2 kali upah sejam pada jam selanjutnya.

Waktu kerja Jam ke-1 lembur 1,5 x dengan Upah lembur 1 jam dan Rumus perhitungan 1,5 x 1/173 x Upah sebulan

Sedangkan waktu kerja Jam ke-2 lembur dan seterusnya 2 x Upah 1 jam dengan rumus perhitungan 2 x 1/173 x Upah sebulan

b. Untuk Lembur Pada Hari Istirahat Mingguan dan Hari Libur Nasional:

a). Untuk sistem kerja 8 jam per hari, 5 hari kerja dalam seminggu

Rate upah lembur untuk sistem kerja dengan jumlah jam kerja seperti ini adalah 2 kali sejam untuk 8 jam pertama, 3 kali upah sejam untuk jam ke-9, dan 4 kali upah sejam untuk jam ke-10 dan ke-11.

Waktu kerja lembur 8 Jam pertama, Upah lembur 2 kali upah per jam dengan Rumus perhitungan 8 jam x 2 x 1/173 x Upah sebulan.
Kemudian Jam ke-9 dengan 3 kali upah per jam dengan rumus perhitungan 1 jam x 3 x 1/173 x Upah sebulan.
Waktu kerja Jam ke-10 s/d jam ke-11 dengan 4 kali upah per jam dan rumus perhitungan 1 jam x 4 x 1/173 x Upah sebulan

b). Untuk sistem kerja 7 jam per hari, 6 hari kerja dalam seminggu.

Rate upah untuk sistem kerja dengan jumlah jam kerja seperti ini adalah 2 kali upah sejam untuk 7 jam pertama, 3 kali upah sejam untuk jam ke-8, dan 4 kali upah sejam untuk jam ke-9 dan ke-10.

Waktu kerja lembur 7 Jam pertama upah lembur 2 kali upah per jam dengan Rumus perhitungan 7 jam x 2 x 1/173 x Upah sebulan.

Sedangkan Waktu kerja lembur Jam ke-8 dengan 3 kali upah per jam dan rumus perhitungan 1 jam x 3 x 1/173 x Upah sebulan.

Sementara itu waktu kerja lembur Jam ke-9 s/d jam ke-10 dengan upah lembur 4 kali upah per jam dan rumus perhitungam 1 jam x 4 x 1/173 x Upah sebulan.

c). Untuk waktu lembur pada hari libur nasional

Rate untuk waktu kerja seperti ini adalah dua kali upah sejam untuk 5 jam pertama, 3 kali upah sejam pada jam ke-6, dan 4 kali upah sejam pada jam ke-7 dan ke-8.

Waktu kerja lembur 5 Jam pertama upah lempur 2 kali upah per jam dengan rumus perhitungan 5 jam x 2 x 1/173 x Upah sebulan.

KemudiannWaktu kerja lembur Jam ke-6 dengan 3 kali upah per jam dan rumus perhitungan 1 jam x 3 x 1/173 x Upah sebulan.

Sedangkan waktu kerja Jam ke-7 s/d jam ke-8 4 kali upah per jam
1 jam x 4 x 1/173 x Upah sebulan.

Keterangan: upah 1 jam dihitung dengan rumus 1/173 kali upah sebulan, yaitu upah pokok sebulan 100% beserta tunjangan tetap atau 75% upah pokok jika karyawan mendapatkan tunjangan tetap dan tidak tetap.

Menghitung upah lembur memang tidak terlalu sulit, namun akan menyita banyak waktu ketika karyawan di dalam perusahaan sudah berjumlah ratusan bahkan ribuan.

Karena itulah Anda membutuhkan overtime software seperti Talenta. Di mana, dengan Talenta, Anda bisa menghitung lembur lebih mudah dan cepat. Anda juga tidak perlu khawatir masalah keakuratan data.

Bukan hanya perhitungan lembur, Talenta juga membantu Anda mengintegrasikan perhitungan lembur karyawan di dalam gaji karyawan. Sehingga, Anda tidak perlu lagi menghitung gaji karyawan secara manual, karena seluruh komponen didalamnya akan terhitung secara otomatis dengan Talenta. (Rel)

Loading...
Editor/Sumber: Rahmat Ilahi (Rijoe)

REKOMENDASI
Selengkapnya
FOLLOW US
Redaksi Disclaimer Karir Info Iklan Logo Kontak Pedoman Media Siber