× Home Terkini Hot Topic Terpopuler Kategori Tag Berita Foto Video

Dipicu Angin Kencang, Ratusan Ton Ikan Keramba Mati Diserang Tubo Belerang di Danau Maninjau

Rabu, 05 Februari 2020
Dipicu Angin Kencang, Ratusan Ton Ikan Keramba Mati Diserang Tubo Belerang di Danau Maninjau
Ratusan ton ikan mengapung di pinggir Danau Maninjau.

AGAM - Tubo belerang kembali racuni ratusan ton ikan petani Keramba Jaring Apung (KJA) di Linggai, Nagari Duo Koto, Kecamatan Tanjung Raya, Agam, Sumatra Barat (Sumbar).

Camat Tanjung Raya Handria Asmi mengatakan, bencana terhadap puluhan petani keramba tersebut disebabkan naiknya tubo belerang yang berasal dari dasar Danau Maninjau kepermukaan sehingga meracuni ikan yang berada di permukaan.

"Kejadian ini sudah mulai sejak dua hari yang lalu, namun jumlah ikan yang mati memuncak hari ini," ujarnya kepada MinangkabauNews.com, Rabu, (5/2/2020).

Dilanjutkannya, peristiwa ini dipicu dengan terjadinya angin kencang dari arah timur ke arah barat. Angin ini sangat ditakuti oleh petani keramba, karena dapat menggoncang riak danau yang dapat membuat tubo belerang naik ke permukaan.

"Angin kencang dari arah timur ke barat ini biasa disebut masyarakat dengan angin darek dan sangat ditakuti oleh petani keramba jaring apung," ungkapnya.

Sementara itu, salah seorang petani keramba, Itra Sanjaya (46) mengatakan, dari kejadian ini 7 petak keramba jaring ampung kami jadi korban bencana alam tersebut.

"Dari 7 petak keramba terdapatkan 12 ton ikan, jika diuangkan lebih kurang kami mengalami kerugian Rp. 400 Juta," ujarnya. (JNS)

Loading...
Editor/Sumber: JNS

REKOMENDASI
Selengkapnya
FOLLOW US
Redaksi Disclaimer Karir Info Iklan Logo Kontak Pedoman Media Siber