× Home Terkini Hot Topic Terpopuler Kategori Tag Berita Foto Video

Kapolresta Solok: Membeli Barang Tanpa Dokumen Merupakan Kategori Tindak Pidana Penadahan

Kamis, 06 Februari 2020
Kapolresta Solok: Membeli Barang Tanpa Dokumen Merupakan Kategori Tindak Pidana Penadahan
AKBP Ferry Suwandi, SIK. (Istimewa)

KOTA SOLOK- Membeli kendaraan tanpa memiliki dokumen lengkap dikategorikan sebagai tindak pidanana penadahan diancam dengan penjara paling lama 4 tahun dan denda Rp. 900 ribu.

"Masyarakat jangan membeli kendaraan dengan dokumen yang tidak lengkap, karena dikategorikan sebagai penadah," Ujar Kapolresta Solok AKBP Ferry Suwandi, SIK, kepada MinangkabauNews.com, Kamis, (6/2).

Dilanjutkannnya, membeli barang dengan tidak memiliki dokumen termasuk dalam unsur - unsur pasal 480 KUHP tentang tindak pidana penadahan.

Dijelaskannya, yang menjadi perhatian adalah untuk dikatakan penadah, barang tersebut harus disangka diperoleh karena kejahatan. Berarti di sini seorang pembeli dianggap telah mengetahui bahwa barang yang dijual dengan harga yang tidak wajar adalah barang yang berasal atau patut disangka berasal dari hasil pencurian atau karena kejahatan, dapat dikatakan sebagai penadah karena memenuhi unsur pada pasal 480 KUHP tersebut.

"Kita menghimbau kepada masyarakat untuk tidak tergiur dengan harga barang yang dibawah standart namun tidak memiliki dokumen,"harapnya. (Fikar)

Loading...
Editor/Sumber: JNS

REKOMENDASI
Selengkapnya
FOLLOW US
Redaksi Disclaimer Karir Info Iklan Logo Kontak Pedoman Media Siber