× Home Terkini Hot Topic Terpopuler Kategori Tag Berita Foto Video

Polres Pasaman Gagalkan Peredaran 61 Kg Ganja

Jumat, 14 Februari 2020
Polres Pasaman Gagalkan Peredaran 61 Kg Ganja
Kapolres Pasaman Saat memperlihatkan barang bukti ganja 61 Kg.

PASAMAN - Satuan Reserse Narkoba Polres Pasaman, berhasil menggagalkan peredaran 57 paket besar narkoba jenis ganja kering dengan berat 61 Kg dan mengamankan dua tersangka, Minggu (9/02) lalu sekitar pukul 05.30 WIB.

57 Paket besar ganja kering ini diamankan dari dua tersangka YAP (25) warga Lubuk Minturun RT 002 RW 001 Kecamatan Koto Tangah Kota Padang dan RJ (24) warga Simpang Mudik Nagari Kapalo Hilalang Kecamatan Kayu Tanam Kabupaten Padang Pariaman.

Penangkapan itu dilakukan di Jalan Lintas Sumatera Medan- Bukittinggi tepatnya Kampung Lubuk Aro Jorong VI Nagari Persiapan Padang Mantinggi Utara Kecamatan Rao Kabupaten Pasaman.

Hal itu dikatakan Kapolres Pasaman AKBP Hendri Yahya yang didampingi Waka Polres Kompol Ahmad Yani dan Kasat Narkoba Iptu Syafri Munir saat Press Conference di Aula Polres Pasaman, Kamis (13/02).

Selanjutnya dikatakan Kapolres Hendri Yahya, penangkapan tersebut dilakukan setelah adanya informasi yang didapat oleh Team Opsnal Sat Resnarkoba, bahwa akan ada penjemputan ganja didaerah Sumatera Utara dan dibawa ke daerah Sumatera Barat melalui wilayah hukum Polres Pasaman.

Setelah itu Team Opsnal Satres narkoba melakukan pengintaian, tepat nya pada Minggu (9/02) sekitar pukul 02.00 WIB, Team Opsnal melihat dua unit mobil yakni 1 (satu) unit mobil Daihatsu Xenia warna putih dengan nomor polisi BM 1657 NY dan 1 (satu) unit mobil merk Datsun GO + Panca warna putih dengan nomor polisi BA 1739 QK melewati daerah Rao menuju Sumut yang diduga akan melakukan penjemputan ganja.

Sekitar pukul 05.00 WIB petugas melihat kedua mobil tersebut melintas, selanjutnya petugas langsung melakukan pembuntutan terhadap kedua mobil tersebut, dan pada saat berada di daerah Polongan Duo mobil Datsun GO + Panca dikemudikan YAP berhenti di pinggir jalan.YAP saat itu sedang memeriksa ban, petugas pun turun dari mobil untuk mengamankan YAP, akan tetapi tersangka ini masuk ke mobil dan melarikan diri.

"Petugas pun melakukan pengejaran pengejaran, pada saat pengejaran mobil yang dikendarai YAP hilang kendali dan menabrak mobil Daihatsu Xenia yang dikemudikan RJ menyebabkan mobil yang dikemudikan YAP tersebut masuk kedalam parit rumah warga, petugas pun melakakukan penggeledahan dan menemukan 3 buah karung plastik warna putih, dimana 2 buah karung tersebut berada dibagian belakang dan 1 karung lagi berada dibangku bagian tengah, dan setelah dibuka ternyata didalam karung tersebut berisikan ganja, yang mana setiap karung tersebut berisikan paket ganja sebanyak 20 paket, 22 paket dan 15 paket," ujar Kapolres .

Setelah melakukan penggeledahan terhadap mobil yang dikemudika YAP, kemudian petugas menanyakan kepada pelaku YAP, apakah RJ ada hubungannya dengan ganja yang dibawa YAP.

"Ketika ditanya masalah RJ, YAP menyebutkan bahwa RJ merupakan teman - temannya yang bertugas sebagai sebagai pengawal dan memantau situasi selama dalam perjalanan," katanya.

Setelah menangkap pelaku, kemudian petugas membawa nya ke Puskesmas Rao dan setelah itu membawa para pelaku beserta seluruh barang bukti ke Polres Pasaman. (VERDI)

Loading...
Editor/Sumber: Siel Saputra

REKOMENDASI
Selengkapnya
FOLLOW US
Redaksi Disclaimer Karir Info Iklan Logo Kontak Pedoman Media Siber