× Home Terkini Hot Topic Terpopuler Kategori Tag Berita Foto Video

Update Kamis Siang: Suspect Virus Corona di DKI Tembus 330 Orang, 179 Dinyatakan Sehat

Kamis, 05 Maret 2020
Update Kamis Siang: Suspect Virus Corona di DKI Tembus 330 Orang, 179 Dinyatakan Sehat
Ilustrasi (Foto: Dok. Istimewa)

NASIONAL - Hingga Kamis (5/3/2020) siang, jumlah keseluruhan suspect atau pasien terduga terkena virus corona (Covid-19) bertambah lagi. Total keseluruhannya sudah mencapai 330 orang.

Hal ini diungkap oleh Asisten Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemprov DKI sekaligus Ketua Tim Sigap Covid-19, Catur Leswanto. Data itu dikumpulkan sejak 1 Januari 2020.

Suspect corona ini terbagi menjadi dua golongan, pasien yang dalam tahap pemantauan dan pengawasan. Rinciannya, dari 266 orang yang tahap pemantauan, 121 sudah dinyatakan terbebas dari virus asal China itu.

"121 orang sudah selesai dalam pemantauan. artinya mereka sudah sehat sepenuhnya, 145 masih dalam pantauan," ujar Catur di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis (5/3/2020).

Selain itu, untuk pasien yang dalam tahap pengawasan, Catur menyebut jumlah totalnya mencapai 64 orang. Namun 34 di antaranya sudah dinyatakan sembuh total.

"Kemudian yang dalam pengawasan 34 sudah pulang dalam kondisi sehat dan 30 orang masih dirawat," kata dia.

Ia menegaskan pasien dalam tahap pengawasan maupun pemantauan bukan positif corona. Pihak yang berhak menyatakan adanya pasien positif corona adalah Kementerian Kesehatan.

"Positif hanya diberikan Kemententerian kesehatan dan kita itu melaksanakan tugas Pemprov DKI Jakarta di dalam rangka mendeteksi," pungkasnya.

Sebelumnya, pada Rabu (4/3/2020), 279 orang telah dinyatakan sebagai suspect virus mematikan dari China itu.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi DKI Jakarta, Dwi Oktavia mengatakan tidak seluruh warga suspect corona itu masih ditangani. Sebagian di antaranya sudah dinyatakan negatif corona.

Ia menyebutkan 121 orang yang sempat menjalani pemantauan sudah dinyatakan sehat. Sementara 120 orang di antaranya masih menjalani masa pemantauan.

"120 orang dalam pemantauan masih dipantau," ujar Dwi dalam keterangan tertulisnya, Rabu (4/3/2020).

Selain itu, dari 56 pasien yang menjalani masa pengawasan, 30 orang sudah selesai diperiksa dan dinyatakan bebas dari corona. Meski demikian, masih ada 26 orang yang mendapatkan pengawasan.

"26 pasien dalam pengawasan masih dirawat," kata dia. (sr)

Loading...
Editor/Sumber: Romeo/Suara.com

REKOMENDASI
Selengkapnya
FOLLOW US
Redaksi Disclaimer Karir Info Iklan Logo Kontak Pedoman Media Siber