× Home Terkini Hot Topic Terpopuler Kategori Tag Berita Foto Video

Dikunjungi DPD RI, Pemda Agam Keluhkan Kurangnya Tenaga Penyuluh Pertanian dan Pupuk Bersubsidi

Kamis, 05 Maret 2020
Dikunjungi DPD RI, Pemda Agam Keluhkan Kurangnya Tenaga Penyuluh Pertanian dan Pupuk Bersubsidi
Bupati Agam, Indra Catri Bersama Komite II Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Emma Yohanna, Kamis, (5/3).

Eka putra, SE for Tanah Datar 1

AGAM -- Komite II Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI diwakili Emma Yohanna kunjungi Kabupaten Agam Provinsi Sumatra Barat (Sumbar), Kamis, (5/3).

Bupati Agam, Indra Catri didampingi Kepala Dinas Pertanian (Distan), bersama pejabat Pemda Agam lainnya mengatakan, saat ini Agam sangat kekurangan tenaga penyuluh. Untuk itu, berjalannya program pertanian dengan baik terdapat pada penyuluh.

"Sebagus apapun desain program yang dijalankan tanpa ada penyuluh akan sia-sia. Karena, titik tumpu pembangunan pertanian terdapat pada penyuluh,"ujarnya.

Dilanjutkannya, Semenjak 15 tahun terakhir tim penyuluh di Kabupaten Agam semakin berkurang. Kekurangan penyuluh ini disebabkan banyak yang pensiun dan belum ada penggantinya.

"Dari kebutuhan penyuluh dari 188 wilayah kerja di Agam masih kurang 60 orang lagi. Selain itu juga terdapat THL yang sudah lama mengabdi tidak bisa diangkat menjadi PNS. Padahal, pemerintah pusat telah menjanjikan akan diangkat menjadi PPPK, namun sampai sekarang belum ada kepastian,"katanya.

Selain itu, pihak juga mengeluhkan kuota pupuk bersubsidi untuk Agam tahun ini hanya 65 persen dari kebutuhan.

"Kuota pupuk bersubsidi tahun 2020 untuk Agam sebanyak 14.604 ton sedangkan di tahun 2019 alokasi pupuk sebanyak 16.165 ton. Untuk itu, kita berharap dengan kehadiran Komite yang membidangi pertanian ini dapat memperjuangkan masalah tersebut dipusat,"ujarnya.

Menanghapi hal itu, Emma Yohanna langsung merespon keluhan tersebut. "Kita akan memperjuangkan apa yang menjadi kendala di Agam, agar dapat ditindak lanjuti oleh pemerintah pusat,"kata Emma. (JNS)

Loading...
Editor/Sumber: JNS

facebook twitter whatsapp linkedin pinteret email
REKOMENDASI
Selengkapnya
FOLLOW US
Redaksi Disclaimer Karir Info Iklan Logo Kontak Pedoman Media Siber