× Home Terkini Hot Topic Terpopuler Kategori Tag Berita Foto Video

Update COVID-19 di Indonesia Senin (16/3), Pasien Capai 117 Orang, Berikut Wilayah Sebarannya

Senin, 16 Maret 2020
Update COVID-19 di Indonesia Senin (16/3), Pasien Capai 117 Orang, Berikut Wilayah Sebarannya
Ilustrasi (Foto: Dok. Istimewa)

NASIONAL - Total pasien positif Corona di Indonesia kini menjadi 117 orang. Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Corona COVID-19, Achmad Yurianto, Senin (16/3) mengatakan tambahan pasien positif itu tersebar di sejumlah wilayah di Indonesia.

Berdasarkan data dari 117 orang terinfeksi virus corona, sebanyak 8 orang dinyatakan sembuh, dan lima orang lainnya meninggal dunia.

Sebaran itu melebar ada di DKI Jakarta dan wilayah sekitarnya. Di DKI sudah tercatat ada lebih dari 60 pasien positif corona yang dirawat di RSPI Sulianti Saroso dan RS Persahabatan.

Jawa Barat

Selain itu, Yurianto menuturkan, wilayah Jawa Barat juga masuk dalam sebaran pasien yang positif corona. Wilayah Jabar itu adalah daerah penyangga Jakarta dan termasuk di Kota Bandung.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengatakan, sudah ada 10 pasien positif virus corona. Yaitu 3 orang di depok, 1 warga di kota Bandung, 1 pasien di kabupaten Cirebon, 1 orang di kabupaten purwakerta, tiga orang di Kabupaten Bekasi, dan satu warga Cianjur.

Sementara jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 83 orang, 54 di antaranya telah selesai pengawasan, sehingga sisa 29 orang masih dalam pengawasan. Orang dalam pemantauan (ODP) virus Corona sebanyak 785 orang, 291 di antaranya telah selesai dipantau sehingga sisa 494 orang masih dalam pemantauan.

Banten

Untuk wilayah di luar itu, pasien positif corona juga ada di Banten, Jawa Tengah yaitu Solo, Yogyakarta, Bali, Manado dan Pontianak. Di wilayah Banten, Gubernur Banten, Wahidin Halim, melaporkan ada 4 warganya dinyatakan positif terinfeksi COVID-19.

Jawa Tengah

Di Jawa Tengah dilaporkan ada dua kasus positif virus corona. Sementara itu, Pemerintah Provinsi DIY mengonfirmasi satu kasus pasien anak-anak positif corona.

Manado

Kepala Bidang Pelayanan Medik Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Prof RD Kandou Manado, dr Handry Takasenseran menyatakan satu pasien yang diisolasi di RSUP Kandou Manado, Sulawesi Utara, dinyatakan positif virus corona. Kondisi pasien yang positif virus Corona dalam keadaan stabil, namun ada penyakit bawaan dideritanya.

Pontianak

Di Pontianak, Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar dan Dinas Kesehatan Kota Pontianak melakukan isolasi satu keluarga yang terdiri dari anak dan isteri. Isolasi itu dilakukan setelah salah satu keluarganya yang positif terjangkit Virus Corona atau Covid-19.

"Satu keluarga yang terdiri dari anak, isteri dan satu keluarga yang tinggal dekat rumah korban sudah kita lakukan tracing dan telah diambil specimen nasofaring untuk kemudian dilakukan pemeriksaan di laboratorium Balitbangkes rumah sakit swasta di Jakarta," kata Kadiskes Provinsi Kalbar Harisson, Senin (16/3). (vv)

Loading...
Editor/Sumber: Romeo/viva

REKOMENDASI
Selengkapnya
FOLLOW US
Redaksi Disclaimer Karir Info Iklan Logo Kontak Pedoman Media Siber