× Home Terkini Hot Topic Terpopuler Kategori Tag Berita Foto Video

Gawat, 250 Pedagang dan Pengunjung Pasar Sungai Kalu Solok Selatan Jalani Rapid Test

Jumat, 15 Mei 2020
Gawat, 250 Pedagang dan Pengunjung Pasar Sungai Kalu Solok Selatan Jalani Rapid Test
Salah satu pengunjung pasar Sungai Kalu tengan melakukan pengambilan sampel darah untuk dilakukan uji cepar Covid-19 atau Rapid Test.

Eka putra, SE for Tanah Datar 1

SOLOK SELATAN - Guna mengantisipasi penyebaran virus Covid-19. Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Solok Selatan, lakukan pengujian cepat atau Rapid Test terhadap 250 orang pedagang dan pengunjung pasar Sungai Kalu, Nagari Pakan Rabaa Utara, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh (KPGD). Jumat, (15/5/2020).

"Selain melakukan pengujian tes cepat Covid-19, Tim Gugus Tugas juga melakukan sosialisasi, edukasi pencegahan Covid-19, pembagian masker dan penyemprotan disinfekta di seluruh pasar," kata Kalaksa BPBD Solok Selatan, Richi Amran.




Menurutnya, sebelum memasuki wilayah pasar Sungai Kalu. Seluruh pedagang dan pengunjung dilakukan cek suhu. Kemudian disarankan untuk mencuci tangan dan dilakukan pengambilan sampel darah untuk pengujian Rapid Test, setelah dinyatakan aman baru bisa melakukan aktivitas di pasar Sungai Kalu.

"Diberlakukakannya protokol kesehatan ini di pasar Sungai Kalu, dikarenakan pedagang dan pengunjung pasar tersebut banyak berasal dari luar Solok Selatan. Seperti, Surian dan Alahan Panjang," jelasnya.

Dijelaskan Richi, pasar Sungai Kalu ini termasuk kunjungan pasar yang cukup ramai dengan aktivitas dan merupakan satu-satunya pasar didaerah itu sebagai nadi perekonomian masyarakat. Kendati pernah dilakukan penutupan selama dua minggu, namun dinilai juga tidak efektif berimbas terhadap perekonomian masyarakat.

"Guna mengantisipasi penyebaran Covid-19 tersebut, maka dilakukan hal yang seperti ini di pasar Sungai Kalu ini. Menutup pasar juga bukan sebuah solusi dalam memutus mata rantai Covid-19. Karena, masyarakatnya pun akan pergi ke pasar-pasar yang ada di luar daerah ini. Dan akan berdampak buruk pun terhadap penyebaran Covid-19 ini," jelasnya.

Diharapkan, kepada masyarakat untuk tetap patuh kepada protokol kesehatan, jika tidak diperlukan betul tidak melakukan aktivitas diluar rumah. Dan selalu menggunakan masker saat berada di luar rumah. (dky)

Loading...
Editor/Sumber: Ikhlas Bakri

facebook twitter whatsapp linkedin pinteret email
REKOMENDASI
Selengkapnya
FOLLOW US
Redaksi Disclaimer Karir Info Iklan Logo Kontak Pedoman Media Siber