× Home Terkini Hot Topic Terpopuler Kategori Tag Berita Foto Video

Situasi di Natuna Utara Makin Panas, Pesawat Anti-Kapal Selam China Gentayangan Intai Armada AS

Minggu, 17 Mei 2020
Situasi di Natuna Utara Makin Panas, Pesawat Anti-Kapal Selam China Gentayangan Intai Armada AS
Pesawat anti-kapal selam China, KJ-500 (Foto: Dok. Istimewa)

Eka putra, SE for Tanah Datar 1

INTERNASIONAL - Unjuk kekuatan militer antara China dan Amerika Serikat (AS) membuat situasi di Laut China Selatan semakin memanas. Setelah muncul kabar bahwa AS bakal mengirim kapal induk nuklir USS Theodore Roosevelt, China juga mengerahkan pesawat anti-kapal selam KJ-500 ASW (anti-submarine warfare).

Dalam berita sebelumnya, Global Times melaporkan bahwa Pentagon akan segera mengerahkan USS Theodore Roosevelt ke Laut China Selatan akhir bulan ini. Tak cuma itu, AS juga sudah mengerahkan kapal pembom Rockwell B-1 Lancer di wilayah udara perairan internasional itu.

Di sisi lain, China juga tak tinggal diam. Sejumlah bukti menunjukkan bahwa Negeri Tirai Bambu juga sudah siap untuk menghadapi konfrontasi dengan AS di Laut China Selatan.




Laporan lain Global Times, Minggu (17/5/2020), Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) telah mengirimkan sistem peringatan dini dan kontrol udara (KIT-C) KJ-500 dan sistem patroli K-Q-200 yang dikenal sebagai pesawat anti-kapal selam Y-8.

Kemudian, sebuah citra satelit yang diambil oleh ImageSat Internationa menunujukkan peningkatan aktivitas di Pangkalan Udara Yongshu Reef, Laut China Selatan.

Sejumlah foto itu menunjukkan bahwa hanggar pesawat yang berada di sekitar landasan pangkalan udara itu dipasangi pendingin udara. Hal ini membuktikan bahwa Tentara Pembebasan Rakyat China akan menempatkan sejumlah jet tempur, pesawat intai, pesawat pembom, hingga pesawat bahan bakar, untuk waktu yang lama. (vv)

Loading...
Editor/Sumber: Romeo/viva

facebook twitter whatsapp linkedin pinteret email
REKOMENDASI
Selengkapnya
FOLLOW US
Redaksi Disclaimer Karir Info Iklan Logo Kontak Pedoman Media Siber