× Home Terkini Hot Topic Terpopuler Kategori Tag Berita Foto Video

Gubernur dan Wako Bukittinggi Tinjau Pasar Atas Pasca Peresmian

Minggu, 28 Juni 2020
Gubernur dan Wako Bukittinggi Tinjau Pasar Atas Pasca Peresmian
Gubernur irwan prayitno dan wako ramlan nurmatias (foto: dok. istimewa)

BUKITTINGGI -- Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno, dan Wali Kota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias, beserta jajaran, meninjau kondisi Pasar Atas Bukittinggi, Sabtu, (27/6/2020).

Kunjungan itu dilakukan untuk melihat secara fisik kondisi Pasar Atas Bukittinggi, dimana sebelumnya peresmian dilakukan melalui Zoom secara virtual. "Pasar Atas yang dibangun melalui dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), jadi mekanisne selanjutnya diserahkan kepada Pemerintah Kota (Pemko) Bukittinggi," ungkap Irwan Prayitno.

Megah memang, tatanan Pasar Atas memadukan antara Mall dan pasar Tradisional. Dilihat dari bangunannya yang berdiri megah, Pasar atas tampak seperti Pasar modern yang ada pada saat ini, namun ketika memasuki dalam bangunan susunan ruko-ruko tertata rapi dengan cara berjualan ala tradisional. Keunikan ini menjadi tradisi dan destinasi wisata tersendiri bagi Pasar Atas, apalagi dengan lokasi yang sangat strategis berada tepat disamping Jam Gadang Kota Bukittinggi.

Wali Kota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias mengatakan "Ingin mengawinkan antara dua hal pertama mall yang bersih, nyaman, aman, sejuk, bagus, baik, asri ala pasar modern dikawinkan dengan perdagangan ala tradisional dari kalangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), seperti pedagang kaki lima, ada barang-barang tradisional, ada tawar-menawar mode tradisional tapi masuk ke pola mall yang sudah baru," imbuhnya.

Rencananya sebelum hari raya Idul Adha Pasar Atas sudah dibuka, sebab sudah 2,5 tahun pedagang tidak dapat berjualan di Pasar Ateh semenjak kebakaran 2017 lalu. Pasar ini akan diprioritaskan untuk korban kebakaran, dan pendaftaran juga sudah dibuka dari beberapa bulan lalu.

Di Pasar Atas nantinya akan ada tempat berjualan bagi pedagang kaki lima, bagi Foodcourt (pedagang pasar kuliner), juga tempat bermain anak-anak, pedagang pakaian muslim, serta pakaian ibadah lainnya.

"Pekan depan, Selasa (30/6/2020 ) akan diundang seluruh pedagang yaitu untuk menjelaskan penjenisan, nanti Insya Allah hari kamis kita Looting dan akan diundang juga perbankan, saya minta kepada perbankan supaya betul-betul membantu korban kebakaran," pungkas Wako. (Ed)


Editor/Sumber: Rahmat Ilahi (Kang Rie)

facebook twitter whatsapp linkedin pinteret email

REKOMENDASI
Selengkapnya

TERPOPULER

FOLLOW US
Redaksi Disclaimer Karir Info Iklan Logo Kontak Pedoman Media Siber