× Home Terkini Hot Topic Terpopuler Kategori Tag Berita Foto Video

Tiga Mahasiswa UNP PKL di DPRD Kota Bukittinggi

Rabu, 01 Juli 2020
Tiga Mahasiswa UNP PKL di DPRD Kota Bukittinggi
Tiga mahasiswa PKL di depan kantor DPRD Bukittinggi

BUKITTINGGI -- Guna mengetahui secara langsung keberadaan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bukittinggi, tiga orang mahasiswa Universitas Negeri Padang Fakultas Ilmu Sosial jurusan Ilmu Administrasi Negara yang akan memasuki semester 7, yaitu Nadia Sri Wahyuni (Ayu), Novalia Putri Zemar dan Reffisca Hidayat (Reffis) melakukan Praktek Kerja Lapangan (PKL).

Saat ditemui di DPRD Kota Bukittinggi, Selasa, (30/6/2020) Novalia Putri Zemar berusia 20 tahun yang akrab disapa Nova menjelaskan selama mengikuti perkuliahan hanya mengetahui ilmu secara teoritis saja tentang peraturan daerah, kini secara PKL langsung berkecimpung di DPRD Kota Bukittinggi tentang penerapan-penerapannya.

Diakui Nova sebagai milenial intelektual generasi penerus bangsa dan negara, kita harus mengerti dan memaknai daripada peraturan daerah. Peraturan Daerah yang dirumuskan seluruh anggota dewan itu tidak semudah membalik telapak tangan, panjang perjalanannya melalui proses-proses sidang dewan, di DPRD Kota Bukittinggi sendiri terdiri dari 3 Komisi, ucap Nova.

Sebagai generasi penerus bangsa dan negara, kita harus komitmen menjiwai menyelesaikan suatu permasalahan yang ada. Sebagai contoh peraturan daerah yang telah dirumuskan anggota dewan, tentu harus kita patuhi, salah satunya tentang perda ketertiban umum.

Masa depan yang baik, tentunya harapan kita semua. Setelah tamat menyelesaikan kuliah di UNP ingin bekerja di instansi Pemerintah begitu juga akan menjadi anggota dewan, sebelumnya tentu harus banyak mempelajari inspirasi-inspirasi masyarakat tentang apa dan bagaimana menyalurkan aspirasi masyarakat lebih baik lagi, jelas Nova.

Sementara itu Nadia Sri Wahyuni (Ayu) mengatakan sengaja memilih PKL di DPRD Kota Bukittinggi, karena ingin mengetahui bagaimana DPRD Kota Bukittinggi. PKL disini banyak dapat ilmu secara langsung, apa yang diterapkan di perkuliahan secara teoritis, disinilah diterapkan prakteknya. Jurusan Ilmu Administrasi Negara berhubungan dengan kinerja DPRD. Mempunyai harapan kedepan dapat bekerja sesuai dengan ilmu yang dipelajari.

"Memilih DPRD Kota Bukittinggi sebagai tempat PKL sudah tepat, aplikasi mata kuliah yang dipelajari beberapa semester di kampus. tidak ada kendala yang berarti ditemukan selama ini. dikatakan, pihaknya cermati kualitas pelayanan publik harus ditingkatkan berkelanjutan, sehingga butuh inovasi pemanfaatan media elektronik dengan aplikasi penyampaian aspirasi online," jelasnya.

Senada dengan dua rekannya, Reffiscal Hidayat (Reffis) pun dalam beberapa hari melakukan PKL di DPRD Kota Bukittinggi menemukan korelasi mata kuliah yang dipelajari dengan aktivitas di DPRD Kota Bukittinggi, walaupun baru satu minggu berjalan. disebutkan, pemuda berusia 21 tahun ini, dalam melaksanakan PKL di lokasi manapun untuk menerapkan etika yang baik, dirinya menepis istilah anak PKL terkesan di pesuruh atau orang suruhan melakukan pekerjaan tertentu, ucapnya.

Ketiga mahasiswa UNP yang sedang PKL merasa senang dengan seluruh karyawan yang ada di DPRD, pelayanan yang ramah tamah dan baik. Dalam PKL dibimbing penuh oleh seluruh karyawan DPRD Kota Bukittinggi, jika tidak mengetahui langsung dijelaskan cara-cara bekerja dengan baik dan benar.

DPRD Kota Bukittinggi sebagai kantornya para anggota lembaga legislatif yang berjumlah 25 orang itu tetap menjadi pilihan generasi muda untuk menimba ilmu dan pengalaman, yang bukan semata para mahasiswa melainkan peserta didik. (Iwin SB)


Editor/Sumber: Rahmat Ilahi (Kang Rie)

facebook twitter whatsapp linkedin pinteret email

REKOMENDASI
Selengkapnya

TERPOPULER

FOLLOW US
Redaksi Disclaimer Karir Info Iklan Logo Kontak Pedoman Media Siber