× Home Terkini Hot Topic Terpopuler Kategori Tag Berita Foto Video

HUT ke 18 Kota Pariaman, Fitri Nora: Mari Bangun Pariaman

Kamis, 02 Juli 2020
HUT ke 18 Kota Pariaman, Fitri Nora: Mari Bangun Pariaman
Foto berama Walikota Pariaman, Wakil Walikota, Pimpanan dan forkomimda.

Eka putra, SE for Tanah Datar 1

LIPSUS DPRD PARIAMAN - Rapat Paripurna Istimewa Peringatan HUT Kota Pariamam ke-18 digelar di ruang sidang DPRD Kota Pariama yang langsung dipimpin oleh Ketua DPRD Fitri Nora pada Kamis (2/07) di Desa Manggung.

Sidang istimewa dihadiri juga oleh Walikota Genius Umar dan dan Wakil Walikota Pariaman Mardison Mahyudin. Dan juga diikuti oleh seluruh OPD, Kecamatan serta Desa dan Kelurahan.

Ketua DPRD Kota Pariaman, Fitri Nora, dalam pidatonya mengajak masyarakat Kota Pariaman ikut berpartisipasi dan mendukung pembangunan kota Pariaman.

"Dalam pembangunan dibutuhkan partisipasi dan peran aktif masyarakat agar pembangunan tersebut berjalan dengan baik. Mari bersama sama kita berkontribusi mendorong pembangunan dan kemajuan kota Pariaman ke depan," ujar Fitri Nora.


Ketua DPRD didampingi Sekwan saat wawancara bersama.

Fitri Nora menyebut peringatan hari jadi kota Pariaman merupakan momentum yang tepat bagi pemerintah daerah dan legislatif untuk melakukan koreksi dan evaluasi terhadap penyelenggaraan pemerintahan daerah kota Pariaman selama ini.

"Memperingati hari jadi ini sebagai bentuk mengingat sejarah sekaligus momentum untuk mengevaluasi diri dalam membangunan kota Pariaman selama ini, baik ekskutif maupun legislatif," ujarnya.

Diakui Fitri Nora, dalam usia 18 tahun kota Pariaman, telah banyak perubahan dan kemajuan yang telah dicapai di berbagai bidang. Namun hal itu harus terus ditingkatkan guna mewujudkan kota Pariaman yang maju.

"Segudang prestasi telah diraih di berbagai bidang. DPRD memberikan apresiasi atas kontribusi dan jasa jasa walikota Pariaman terdahulu maupun walikota Pariaman saat ini, namun hal ini harus ditingkatkan karena tantangan ke depan semakin berat," ulasnya.

Sementara itu tokoh masyarakat Pariaman Alwis Ilyas mengatakan 18 tahun sebagai daerah otonom masih banyak yang harus dibenahi oleh Kota Pariaman. Kota Pariaman yang sejak jaman penjajahan dikenal sebagai daerah pelabuhan merupakan daerah strategis dengan potensi yang besar.

"Kota Pariaman merupakan daerah uang strategis yang memiliki potensi wisata dan bahari, namun hal ini belum dikelola secara maksimal. Kepada masyarakat ranah dan rantau mari kita dukung pemerintah daerah dalam membangun kota Pariaman," ajaknya.


Potong kue bersama Ketua DPRD dan Walikota Pariaman.

Walikota Pariaman, Genius Umar mengatakan Kota pariaman terus tumbuh dari waktu ke waktu. Hal ini dapat dilihat dengan terus meningkatnya pendpatan asli daerah dan pembangunan di kota Pariaman.

"Ini bukan perjuangan yang sia-sia, kota Pariaman kini menjadi kota pariwisata yang maju. Dibutuhkan partisipasi masyarakat dalam membangun kota," ujar Genius.

Genius optimis kota Pariaman akan terus tumbuh menjadi kota yang maju. Karena Kota Pariaman memiliki potensi sumber daya manusia yang unggul dan potensi pariwisata dan maritim yang bisa terus dikembangkan.

"Masih relatif muda dibanding daerah lain. Kota Pariaman terus tumbuh menjadi daerah tujuan wisata. Selama satu tahun memimpin Pariaman sudah banyak upaya yang kami lakukan untuk mewujudkan visi misi dalam membangun kota Pariaman, baik di sektor pendidikan, pariwisata hingga pembangunan fisik," terang Genius.

Secara administratif, Kota Pariaman merupakan wilayah pemekaran dari Kabupaten Padang Pariaman yang terbentuk tanggal 2 Juli 2002 berdasarkan Undang-undang No. 12 Tahun 2002.

Sejak menjadi daerah otonom, Kota Pariaman sudah dipimpin oleh 6 orang walikota Pariaman yakni Dirdaus Amin, Sultani Wirman, Nasri Nasar, Mahyuddin, Mukhlis Rahman dan Genius Umar.

Sebelum digelarnya sidang paripurna istimewa HUT Kota Pariaman ke-18, Walikota Pariaman lakukan aksi Goro Bersama di Kawasan Wisata Talao Pauh

Pemerintah Kota Pariaman melakukan goro bersama di Kawasan Water Front City dipimpin langsung oleh Walikota Pariaman Genius Umar yang diikuti juga oleh Sekdako Pariaman Fadli, SOPD, Camat Pariaman Tengah Ferry Ferdian, Kepala Desa Pauh Barat Wannas Iqbal Tawakal, masyarakat dan pedagang.

"Hari ini kita melaksanakan gotong royong dalam rangka memperingati HUT Kota Pariaman yang ke 18," ungkap Walikota Pariaman Genius Umar kepada tim Media Center Kota Pariaman, Kamis.


Goro bersama Walikota Pariaman dan OPD.

Genius menyampaikan, dalam kesempatan itu pihaknya juga melakukan penanaman bibit pohon ketapang sebanyak 500 batang dan pembersihan kawasan wisata Talao Pauh Pariaman.

"Kawasan Water Front City Talao Pauh Pariaman ini merupakan destinasi wisata baru di Kota Pariaman yang merupakan bantuan dari Kementerian PUPR pada tahun lalu," katanya.

Dikatakan, keberadaan destinasi wisata Talao Pauh ini telah mampu menumbuhkan ekonomi masyarakat seperti pedagang kuliner, usaha jasa wisata lainnya seperti bendi dan wahana air.

"Pengunjung banyak berdatangan ke sini terutama hari sabtu dan minggu, sehingga mampu mendongkrak jumlah pengunjung di Kota Pariaman," ujarnya.

Diharapkan untuk perawatan kawasan wisata ini manajemennya ada di Dinas Pariwisata, teknis kebersihan oleh Dinas Perkim LH, Dinas Perhubungan menata parkir, Satpol PP menata keamanan dan ketertiban.

"Kita juga telah membentuk satu posko utama di kawasan ini agar siang dan malam dijaga, sehingga dari sisi keamanan dan kenyamanan pengunjung bisa kita perhatikan," lanjutnya.

Disamping itu, di Talao Pauh ini juga telah di tanam bibit ikan dan dan dijadikan sebagai atraksi wisata sehingga masyarakat dan pengunjung langsung bisa memberi makan ikan ini.

"Kita berharap kepada pedagang dan pengunjung dapat menjaga kebersihan Talao Pauh ini agar kawasan ini tetap indah dan nyaman," tutup Genius. (Ikh)

Loading...
Editor/Sumber: Siel Saputra

facebook twitter whatsapp linkedin pinteret email
REKOMENDASI
Selengkapnya
FOLLOW US
Redaksi Disclaimer Karir Info Iklan Logo Kontak Pedoman Media Siber