× Home Terkini Hot Topic Terpopuler Kategori Tag Berita Foto Video

Jokowi Ancam Reshuffle Kabinet, Tiga Menteri Ini Bakal Aman?

Sabtu, 04 Juli 2020
Jokowi Ancam Reshuffle Kabinet, Tiga Menteri Ini Bakal Aman?
Presiden Joko Widodo (Foto: Dok. Istimewa)

Eka putra, SE for Tanah Datar 1

POLITIK - Isu reshuffle mengemuka menyusul teguran Presiden Jokowi kepada sejumlah menterinya dalam rapat kabinet. Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago, menilai sulit menyebut nama menteri mana yang akan terkena reshuffle.

Menurutnya, parameter terkait menteri yang akan diganti atau dipertahankan sudah ada di kepala Jokowi. Pangi menyebut bahwa tiga nama menteri yakni Prabowo Subianto, Basuki Hadimuljono, dan Erick Thohir kemungkinan besar menjadi nama yang dipertahankan.

"Nama-nama itu bisa jadi ada dalam persepsi Jokowi. Nama-nama itu bisa jadi yang dipercaya Jokowi sebagai menteri dengan kinerja baik," kata Pangi, Sabtu (4/7/2020).




Menurut Pangi, saat ini Jokowi membutuhkan menteri yang bisa membuat gebrakan. Namun yang terpenting pula adalah kinerja menteri bisa dirasakan manfaatnya langsung oleh masyarakat. "Jadi bukan sekadar populer tapi parameternya kinerjanya benar-benar dirasakan publik," kata Pangi.

Sekalipun begitu, Pangi menilai bahwa reshuffle adalah perkara mudah bagi presiden Jokowi. Sebagai kepala pemerintahan di periode terakhir, Jokowi dinilainya tak punya beban untuk membongkar pasang kabinet. "Yang jelas parameternya untuk melakukan reshuffle murni adalah kinerja, bukan letupan politik," ujar Pangi.

Dia pun memandang menteri seperti Basuki atau Erick Thohir adalah menteri yang gebrakannya paling terasa. "Nama-nama seperti Erick Thohir misalnya, bagus karena ada gebrakannya terasa dan kinerja yang diketahui publik. Namun lagi-lagi ada pula menteri lain yang mungkin tak populer tapi juga punya kinerja yang baik. Ada menteri yang gayanya bekerja dalam senyap," kata Pangi. (vv)

Loading...
Editor/Sumber: Romeo/viva

facebook twitter whatsapp linkedin pinteret email
REKOMENDASI
Selengkapnya
FOLLOW US
Redaksi Disclaimer Karir Info Iklan Logo Kontak Pedoman Media Siber