× Home Terkini Hot Topic Terpopuler Kategori Tag Berita Foto Video

Tahun ini, Populasi Sapi Jantan di Pesisir Selatan Meningkat

Senin, 06 Juli 2020
Tahun ini, Populasi Sapi Jantan di Pesisir Selatan Meningkat
Sekretaris Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Pessel Yosro.

Eka putra, SE for Tanah Datar 1

MENTAWAI -- Informasi Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat bahwa populasi sapi jantan meningkat dari tahun sebelumnya.

Sekretaris Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Pesisir Selatan Yosro, Senin (6/7/2020) mengungkapkan, pemantauan sudah mulai dilakukan sejak dua minggu belakangan di mana populasi sapi jantan tahun ini tahun 2020 mencapai 23.000 ekor, yang mana pada tahun 2019 sebanyak 21.00 ekor, hal ini dikatakannya saat ditemui Minangkabaunews.com.

"Dimana penyumbang terbanyak dari populasi sapi jantan di Pesisir Selatan berada di kecamatan Lengayang 14.000 ekor dan di ikuti Ranah Pesisir dan untuk Kecamatan lainya dibawah angka 10.000," kata Yusro.




"Pesisir Selatan adalah daerah dengan populasi sapi terbanyak di Sumatera Barat, yakni 20 persen," tambahnya.

Ia menjelaskan, larangan penyembelihan betina produktif tertuang dalam Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2014 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan.

Di mana sesuai pasal 18 ayat (4) menyebutkan, setiap orang dilarang menyembelih ternak ruminansia kecil betina produktif atau ternak ruminansia besar betina produktif.

"Sementara dalam pasal 86, diatur sanksi pidana kurungan bagi orang yang menyembelih ternak ruminansia besar betina produktif paling singkat 1 tahun dan paling lama 3 tahun, dan denda paling sedikit Rp 100 juta dan paling banyak Rp 300 juta," pungkasnya. (Ronal)

Loading...
Editor/Sumber: Tirman

facebook twitter whatsapp linkedin pinteret email
REKOMENDASI
Selengkapnya
FOLLOW US
Redaksi Disclaimer Karir Info Iklan Logo Kontak Pedoman Media Siber