× Home Terkini Hot Topic Terpopuler Kategori Tag Berita Foto Video

Gubernur Irwan Prayitno Acungi Jempol Upaya Swasembada Pangan dengan Target 3 Juta Ton Panen Padi

Rabu, 15 Juli 2020
Gubernur Irwan Prayitno Acungi Jempol Upaya Swasembada Pangan dengan Target 3 Juta Ton Panen Padi
Gubernur menanam padi serentak, di Pungguang Kasiak Kecamatan Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman, Selasa

PADANG PARIAMAN -- Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menanam padi serentak, di Pungguang Kasiak Kecamatan Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman, sebagai peningkatan ketahanan pangan di Sumbar dan Indonesia, Selasa, (15/7/2020).

Gubernur Irwan Prayitno melakukan gerakan percepatan tanam padi pada musim tanam, guna menjaga ketahanan pangan. Ini sebagai langkah nyata agar terhindar dari krisis pangan sebagai dampak dari pandemi Covid-19.

"Banyak di negara lain mengalami krisis pangan akibat pandemi ini, dunia akan mengalami krisis pangan. Percepatan masa tanam padi ini dimaksudkan untuk mengantisipasi krisis pangan akibat kemarau panjang dan termasuk pandemi Covid-19 di Sumbar," ucap Irwan Prayitno.

Gubernur Sumbar turun langsung melaksanakan tanam padi dengan sistem tanam jajar legowo. Ia menegaskan Gerakan Percepatan Tanam ini menjadi momentum untuk kembali memperkuat kemandirian pangan di Sumbar dan nasional.

"Kita punya target 3juta ton di Sumbar, mudah-mudahan target ini tercapai dengan perhatian dan dukungan dari Kementerian pada petani. Bantuan bibit dan pupuk sangat berarti bagi petani disini," kata Irwan.

Selain itu Gubernur Sumbar juga berharap pemerintah daerah yang menjadi lumbung pangan di daerah melakukan percepatan masa tanam. Untuk itu, demi mendapatkan hasil yang optimal, Irwan Prayitno juga menugaskan kepada Kepala Dinas Pertanian Sumbar untuk terjun langsung melakukan monitoring masa tanam di masing masing wilayah.

"Harapan kami dengan dimulainya masa tanam serentak ini bisa wujudkan swasembada pangan berkelanjutan," harapnya.

Kadis Pangan Sumbar, Efendi mengatakan uppaya swasembada dengan taeget 3 juta adalah sebuah yang patut diacungi jempol.

"Sesuai arahan Bapak Gubernur, target 3juta ton panen padi, dengan kerja sama seluruh pihak, insya Allah tercapai," ujar Kadis Pangan Sumbar Efendi.

"Alhamdulillah, pada tahun lalu terjadi kenaikan produktivitas padi sekitar 5,2 persen. Hal ini merupakan komitmen usaha serta kebersamaan pemangku kepentingan dalam memacu swasembada pangan nasional," tuturnya. (RI)


Editor/Sumber: Rahmat Ilahi (Kang Rie)

facebook twitter whatsapp linkedin pinteret email

REKOMENDASI
Selengkapnya

TERPOPULER

FOLLOW US
Redaksi Disclaimer Karir Info Iklan Logo Kontak Pedoman Media Siber