× Home Terkini Hot Topic Terpopuler Kategori Tag Berita Foto Video

Wako Ramlan Nurmatias Sampaikan Ranperda Pertanggung Jawaban APBD 2019 dan Transportasi

Senin, 20 Juli 2020
Wako Ramlan Nurmatias Sampaikan Ranperda Pertanggung Jawaban APBD 2019 dan Transportasi
Wali Kota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias (foto:dok. ist)

BUKITTINGGI -- Wali Kota Bukittinggi menyampaikan, Ranperda Pertanggungjawaban Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2019 dan menggantarkan ranperda terkait transportasi darat. Dua ranperda ini, dihantarkan secara resmi dalam rapat paripurna yang digelar Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bukittinggi, Senin, (20/7/2020 ).

Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias, menjelaskan, dalam ranperda pertanggungjawaban APBD 2019, disampaikan bahwa pendapatan pada tahun 2019 dianggarkan sebesar Rp749 milyar lebih dengan realisasi sebesar Rp734 milyar lebih atau 98,00 persen. Sementara anggaran belanja daerah dan transfer tahun 2019 ditetapkan sebesar Rp 891 milyar lebih, dengan realisasi Rp717 milyar lebih atau serapan anggaran sebesar 80,46 persen. "Berdasarkan realisasi pendapatan dan belanja diperoleh surplus sebesar Rp17 milyar lebih," Ungkapnya.

Kemudian untuk ranperda tentang transportasi daerah, Ramlan menjelaskan, "sesuai UU no 23 tahun 2014, tetang Pemerintah Daerah, ruang lingkup kewenangan Pemko dibidang Perhubungan meliputi lalu lintas dan angkutan jalan (LLAJ), Pelayaran, Penerbangan dan perkeretaapian. Dari empat itu, Pemko Bukittinggi hanya ajukan ranperda terkait bidang LLAJ.

Saat ini diketahui banyak kendaraan yang keluar masuk kota Bukittinggi, sering terjadi kemacetan. Sementara juga banyak angkutan Pedesaan dari Agam yang jalur trayeknya masuk wilayah administrasi Kota Bukittinggi, sehingga menambah padatnya jalur lalu lintas.

Oleh sebab itu, dibutuhkan suatu regulasi untuk mengatasi berbagai permasalahan dan persoalan yang timbul sebagai akibat pertumbuhan transportasi ini.

"Ranperda yang diusulkan, memuat perencanaan transportasi, penyelenggaraan lalu lintas, angkutan orang, angkutan barang, pengujian berkala kendaraan bermotor, peremajaan kendaraan angkutan, terminal dan perparkiran, tarif angkutan, industri jasa angkutan umum, penyelenggaraan perkeretaapian, perizinan, SDM, forum lalu lintas dan angkutan, keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan, penindakan pelanggaran, peran serta masyarakat, pembinaan dan pengawasan serta pembiyaan," jelasnya.

Ketua DPRD Bukittinggi, Herman Sofyan, menyambut baik hantaran dua ranperda dari Walikota Bukittinggi. Keduanya dirasa sangat penting dalam keberlanjutan sistem pemerintahan.

"Terutama pertanggungjawaban APBD 2019, yang dapat menjadi evaluasi bagi Pemerintah Daerah, dan tidak menutup kemungkinan bagi DPRD dalam menjalankan fungsi pengawasan, hal itu menjadi bahan untuk melakukan pembahasan anggaran ditahun berikutnya. Kita di DPRD melalui masing-masing fraksi akan sampaikan pemandangan umum besok," jelas Herman mengakhiri. (Ed)


Editor/Sumber: Rahmat Ilahi (Kang Rie)

facebook twitter whatsapp linkedin pinteret email

REKOMENDASI
Selengkapnya

TERPOPULER

FOLLOW US
Redaksi Disclaimer Karir Info Iklan Logo Kontak Pedoman Media Siber