× Home Terkini Hot Topic Terpopuler Kategori Tag Berita Foto Video

BREAKING NEWS: Sumbar Hari Ini Terjadi Lonjakan 17 Kasus Corona, Padang Terus Mendominasi

Rabu, 29 Juli 2020
BREAKING NEWS: Sumbar Hari Ini Terjadi Lonjakan 17 Kasus Corona, Padang Terus Mendominasi
Tim medis tangani pasien korona (foto: dok. ist)

PADANG -- Kepala Dinas Kominfo Sumbar, Jasman Rizal mengatakan Lonjakan pasien positif Covid-19 di Sumbar hari ini Rabu (29/7/2020) meningkat dengan sangat tajam, hingga menyentuh angka 17. Lonjakan ini merupakan pukulan berat bagi Sumbar yang sedang berupaya untuk membangkitkan kembali kondisi di berbagai sektor.

Menurutnya, lonjakan kasus juga menjadi salah satu dampak dan konsekuensi dari upaya membangkitkan kembali geliat ekonomi di Sumbar. Utamanya untuk sektor-sektor yang mengharuskan seseorang bepergian ke luar aderah ataupun sektor yang mendatangkan orang untuk masuk ke Sumbar. selain itu, sektor-sektor yang bersifat mengumpulkan massa juga menjadi salah satu ancaman penyebaran Covid-19.

"Saat ini memang sangat sulit bagi kita untuk memilih antara kesehatan dan ekonomi, karena keduanya saling mendukung. Keduanya adalah prioritas. Untuk itu, kita sedang mengupayakan bagaimana kedua aspek ini bisa kita capai tanpa mengalahkan salah satunya," ungkap Jasman.

Berkaca dari lonjakan kasus yang memang tidak diprediksikan asalnya, Pemprov Sumbar telah menyiapkan beberapa langkah antisipasi. Tes-tes massal terutama terkait dengan contact tracing menjadi prioritas. Selain itu juga Pemprov Sumbar juga memberikan layanan tes PCR gratis bagi pendatang di Bandara International Minangkabau.

Katanya, pembatasan jumlah wisatawan yang dimungkinkan datang ke Sumbar juga dilakukan. Tidak hanya itu saja, Sumbar juga tidak akan menerima wisatawan yang tidak mematuhi protokol kesehatan. Langkah ini diambil mengingat memang kasus-kasus yang ada di Sumbar merupakan kasus import.

"Kondisi saat ini kita tidak pernah tahu. Saya tidak bosan mengingatkan masyarakat untuk jangan lalai, tetap jaga jarak meskipun dengan orang yang sudah sangat kita kenal. Patuhi protokol dan jangan menyepelekan hal-hal kecil yang bisa dilakukan untuk mencegah penularan Covid-19," ujar Jasman Rizal.

Katanya, dari 724 spesimen dari dua Lab yakni labor fakultas Kedokteran Unand dan Labor Veteriner Baso Agam terkonfirmasi positif terinfeksi covid-19 dari Kota Padang 15 orang, Kabupaten Padang Pariaman 1 orang dan Kabupaten Solok 1 orang.

Adapun kabar gembiranya, pasien sembuh bertambah delapan orang dengan total 751 orang.

Selain itu Jasman mengingatkan pelayan makanan untuk tetap pakai masker dan dilarang keras pelayan makanan bicara di depan makanan, walaupun pakai masker. (RI)

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi (Kang Rie)

facebook twitter whatsapp linkedin pinteret email
REKOMENDASI
Selengkapnya

FOLLOW US
Redaksi Disclaimer Karir Info Iklan Logo Kontak Pedoman Media Siber