× Home Terkini Hot Topic Terpopuler Kategori Tag Berita Foto Video

UPDATE 31 Juli: Pasien Covid-19 di Sumbar Melonjak, 40 Orang Positif Terinfeksi Hari Ini

Jumat, 31 Juli 2020
UPDATE 31 Juli: Pasien Covid-19 di Sumbar Melonjak, 40 Orang Positif Terinfeksi Hari Ini
Ilustrasi (Foto: Dok. Istimewa)

PADANG -- Hari raya kurban 1441 H, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 memaparkan perkembangan kondisi kasus Covid-19 di Sumbar pada Jumat, (31/7/2020).

Kepala Dinas Kominfo Sumbar, Jasman Rizal mengatakan kasus positif Covid-19 pada Jumat, 31 Juli 2020 ini bertambah hingga 40 orang. Angka ini memecahkan rekor pertambahan kasus terbanyak di Ibu Kota. Rekor sebelumnya adalah 17 kasus yang terjadi pada Kamis, 30 Juli 2020.

"Tren kasus Covid-19 Sumbar belum stabil. Kemarin dilaporkan 17 kasus baru. Hari ini melonjak 40 kasus, sehingga totalnya sudah mencapai 193 kasus," kata Jasman.

Pertambahan tersebut 26 orang hasil pemeriksaan sample kiriman dari berbagai rumah sakit di Kota Padang. Kemudian 6 orang hasil pemeriksaan kiriman sample dari Kota Sawahlunto, tiga orang hasil pemeriksaan spesimen dari Kota Solok dan 3 orang hasil pemeriksaan sample spesimen warga Kabupaten Solok, terakhir 2 orang hasil pemeriksaan dari Kabupaten Agam.

Menurut Jasman peningkatan kasus Covid-19 di Jakarta terjadi lantaran pemerintah terus meningkatkan pelacakan dan pemeriksaan terhadap orang yang berpotensi terpapar virus ini.

Ia mengatakan jika tak melacak warga Jakarta yang terpapar maka bakal lebih banyak lagi orang yang tertular. Sebab, mereka yang terinfeksi bakal menularkan terus ke orang lain.

Dengan melakukan pelacakan, pemerintah bisa dengan cepat mengisolasi warga yang terinfeksi untuk memutus rantai penularan. "Justru angka positif yang banyak harus disyukuri kalau ketemu. Tapi kalau tidak ketemu ini berbahaya karena terus menularkan ke orang lain."

Jasman Rizal melanjutkan pemerintah tidak akan mengurangi pelacakan dan pemeriksaan dengan tujuan menurunkan angka penularan wabah ini. Sebab, pemerintah bertugas bukan untuk menurunkan angka Covid-19 untuk memberikan rasa aman palsu.

"Yang ingin dilakukan pemerintah itu mengurangi wabah. Doakan kami bisa menuntaskan penularan wabah ini," ujarnya. "Angka positif disyukuri kalau ketahuan. Sedunia juga masih ada wabah."

"Untuk keterangan lebih rinci dan jika ada perkembangan data lebih lanjut, nanti sore kami perbaiki dan umumkan di website resmi pemprov Sumbar, yaitu di https://www.sumbarprov.go.id," ujarnya. (RI)

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi (Kang Rie)

facebook twitter whatsapp linkedin pinteret email
REKOMENDASI
Selengkapnya

FOLLOW US
Redaksi Disclaimer Karir Info Iklan Logo Kontak Pedoman Media Siber