× Home Terkini Hot Topic Terpopuler Kategori Tag Berita Foto Video

Polres Mentawai Gelar Sosialisasi Cegah Kejahatan Seksual

Senin, 03 Agustus 2020
Polres Mentawai Gelar Sosialisasi Cegah Kejahatan Seksual
Kapolres Mentawai AKBP Dodi Prawira Negara (foto: dok. istimewa)

MENTAWAI -- Jajaran Polres Mentawai menggelar sosialisasi pencegahan kejahatan seksual kepada anak yang dilakukan kepada para orang tua di Kabupaten Kepulauan Mentawai.

"Sosialisasi ini sebagai upaya untuk mengantisipasi dalam hal pencegahan agar kasus kejahatan seksual terhadap anak tidak terjadi kembali khususnya yang terjadi di lingkungan keluarga," kata Kapolres Mentawai AKBP Dodi Prawira Negara, Minggu, (2/8/2020).

Menurut Dodi, sosialisasi ini untuk memberikan pemahaman kepada para orang tua murid tentang bagaiman cara mengantisipasi dan mencegah terjadinya kejahatan seksual kepada anak.

"Antisipasi Kejahatan Seksual, Kapolres Mentawai Himbau Para Orang Tua Untuk Awasi Penggunaan Hand Phone pada Anak "
Kata Dodi Prawira Negara.

Kapolres Mentawai AKBP Dodi Prawira Negara, memerintahkan seluruh jajarannya agar bertanggungjawab dalam pengawasan di daerah masing-masing.

AKBP Dodi Prawira Negara tidak main-main dalam gagasan yang ia ciptakan itu, Bahkan ia Memerintahkan kepada para Polwan yang ditunjuk sebagai Srikandi dan Bhabinkamtibmas agar seluruh warga yang berada dipelosok Kepulauan Mentawai dibekali ilmu dan sosialisasi terhadap para wanita dan anak anak.

Kapolres Mentawai AKBP Dodi Prawira Negara didampingi Kabagren AKP H Syafrizen SH Datuak Rang Batuah kepada Wartawan menjelaskan, bahwa pentingnya diri dibekali ilmu agama dan pengetahuan tentang itu. Sebab dampak dari perbuatan itu akan jelas berdampak buruk terhadap para korbannya.

Nah, untuk itu dibutuhkan peranan semua elemen masyarakat dan orangtua menindaklanjutinya. Lebih baik mencegah sedini mungkin.

Kami tak ingin daerah Kepulauan Mentawai yang menjadi salah satu destinasi Wisata dan mayoritas wisatawannya adalah Warga Negeri Asing tercoreng oleh predator seksual.

"Buat tanpa tapi, Lakukan tanpa nanti," ucapnya.

"Menjaga si buah hati. Baik mengenai pergaluan, pendidikan agama yang paling utama dan kemajuan iptek yang kebablasan. Seperti terlalu bebas mempergunakan HP," ingatnya.

Upaya pencegahan dan penanganan tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak ini juga mendukung realisasi Pusat Pelayanan Terpadu Perlindungan Perempuan dan Anak (P2TP2A) sebagai lembaga yang berdiri sendiri.

Gagasan ini di harapkan akan terus menekan angka kekerasan seksual terhadap wanita dan anak di wilayah Hukum Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat.

Dalam Gagasan tersebut Kapolres Kepulauan Mentawai AKBP Dodi Prawira Negara ini tidak akan memberi ampun kepada pelaku dalam menjalani proses hukum nantinya. (RI)

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi (Kang Rie)

facebook twitter whatsapp linkedin pinteret email
polling cagub sumbar
REKOMENDASI
Selengkapnya

FOLLOW US
Redaksi Disclaimer Karir Info Iklan Logo Kontak Pedoman Media Siber