× Home Terkini Hot Topic Terpopuler Kategori Tag Berita Foto Video

KPU Pessel Adakan Sosialisasi Pencalonan Pilkada

Selasa, 04 Agustus 2020
KPU Pessel Adakan Sosialisasi Pencalonan Pilkada
Ketua KPU Pesisir Selatan, Epaldi Bahar

PESESISIR SELATAN - Komisi Pemilihan Umum (KPUD) Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, melakukan sosialisasi pencalonan Pilkada 9 Desember 2020, Selasa (4/8/2020) di hotel Hannah Syariah, Painan.

Ketua KPU Pessel, Epaldi Bahar mengatakan, sosialisasi tersebut guna untuk mengetahui tahapan-tahapan pelaksanaan Pilkada serantak di Pessel, terutama Pilkada di tengah pandemi Covid-19.

Lanjut kata Epal, namun, pelaksanaan Pilkada akan mengacu pada protokol kesehatan, dan tidak mendatangkan orang ramai, seperti kampanye dan debat publik.

"Hari ini kita sudah melakukan sosialisasi pencalonan kepada parpol dan stakeholder terkait. Sosialisasi ini dalam rangka persamaan persepsi berkaitan dengan tahapan percalonan Bupati dan wakil Bupati Kabupaten Pesisir Selatan tahun 2020,"katanya.

Ia menambahkan, sosialisasi tersebut membahas beberapa hal, mekanisme pencalonan, syarat percaloan, syarat administrasi bakal caplon, dan waktu pelaksanaan.

Ia berharap, nanti dapat dipahami oleh parpol yang akan mendaftarkan calonnya maupun dari stakeholder terkait, seperti dari kalangan PNS.

Selanjutnya, syarat-syarat lain seperti SKCK, surat keterangan dari pengadilan, surat kesehatan dan lain sebagainya yang menjadi persyaratan dalam pencalonan bakal calon nantinya.

"Kita berharap baik dari parpol dan kalangan masyarakat sipil dapat memahami syarat-syarat yang sudah kita sosialisasikan hari ini,"ujarnya lagi.

Lanjut Epal mengatakan, seiring dengan beberapa tahapan Pilkada 2020 yang juga ditengah kondisi Covid-19, semuanya akan mengikuti protokal kesehatan. Setiap petugas penyelanggaraan Pilkada dilengkapi dengan APD yang lengkap sebagaimana yang telah ditetapkan oleh KPU-RI.

"Memang tahapan kita semua tetap memperhatikan protokol kesehatan. Nanti juga dalam tahapan juga ada beberapa yang harus kita hindari dari keramaian, dan lebih kepada daring atau media sosial online," ulasnya.

"Untuk itu segenap masyarakat agar mendukung pelaksanaan Pilkada di Pesisir Selatan, sehingga semuanya berjalan dengan baik, aman dan lancar. Jangan lupa datang ke TPS pada tanggal 9 Desember 2020," ajaknya. (Ronal)

Editor/Sumber: Ronal Dodot

facebook twitter whatsapp linkedin pinteret email
REKOMENDASI
Selengkapnya

FOLLOW US
Redaksi Disclaimer Karir Info Iklan Logo Kontak Pedoman Media Siber