× Home Terkini Hot Topic Terpopuler Kategori Tag Berita Foto Video

Laut China Selatan Mamanas, Menlu RI Mendadak Telepon Menlu Amerika

Rabu, 05 Agustus 2020
Laut China Selatan Mamanas, Menlu RI Mendadak Telepon Menlu Amerika
Menlu AS, Michael R Pompeo

NASIONAL - Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo dan Menlu RI Retno Marsudi melakukan diskusi melalui sambungan telepon pada Selasa (4/8). Keduanya membahas berbagai isu termasuk soal Laut China Selatan (LCS).

"Menlu Michael R Pompeo berbicara dengan Menlu RI Retno Marsudi tentang kemitraan strategis AS - Indonesia yang berkelanjutan dan kuat," ujar Wakil Juru Bicara Utama Kementerian Luar Negeri AS Cale Brown dalam website resmi Kementerian Luar Negeri AS.




"Hal lain yang dibahas adalah tujuan bersama kedua negara atas penghormatan terhadap hukum internasional di Laut China Selatan," ujarnya menambahkan.

Selain itu, kedua menlu juga menyoroti pentingnya peningkatan kerja sama di bidang kesehatan masyarakat dan kerja sama ekonomi untuk membangun kembali ekonomi dan menjaga kawasan itu aman. Melalui akun resmi Twitter @Menlu_RI, Retno juga membenarkan komunikasi dan mengatakan bahwa dirinya telah melakukan pembicaraan positif dengan Menlu Pompeo.

Lihat juga: Terungkap, 3 Faktor Utama Ini Bisa Picu Perang Mahadahsyat Amerika vs China di Natuna Utara

Retno dan Pompeo membahas mengenai pentingnya meningkatkan kerja sama di bidang kesehatan dan ekonomi untuk membangun kembali perekonomian pascapandemi serta menjaga kawasan agar tetap aman. "Senang sekali berbicara sekali lagi dengan Menlu AS Pompeo hari ini (3/8). Menghargai bantuan AS akan ventilator," cicit Retno.

"Saya mengangkat dua masalah, pertama menjajaki kemungkinan kerja sama dalam produksi vaksin dan kerja sama kesehatan lainnya dan kedua upaya penguatan perdagangan dan investasi," imbuhnya. (Rep)

Editor/Sumber: Rahmat/Republika.co.id

facebook twitter whatsapp linkedin pinteret email
polling cagub sumbar
REKOMENDASI
Selengkapnya

FOLLOW US
Redaksi Disclaimer Karir Info Iklan Logo Kontak Pedoman Media Siber