× Home Terkini Hot Topic Terpopuler Kategori Tag Berita Foto Video

Kembangkan Pariwisata Berbasis Masyarakat, Dinpar Sumbar Gelar Bimtek Sadar Wisata

Senin, 14 September 2020
Kembangkan Pariwisata Berbasis Masyarakat, Dinpar Sumbar Gelar Bimtek Sadar Wisata
Bimtek sadar wisata di grand zuri, padang, senin, (14/9/2020)

PADANG -- Dinas Pariwisata (Dinpar) Sumatera Barat (Sumbar) kembali menggelar Bimbingan Tekhnis (Bimtek) peningkatan dan pengembangan sadar wisata bagi 100 warga dan kelompok sadar wisata (Pokdarwis) dari Kota Padang di Hotel Grand Zuri Padang, Senin (14/9/2020).

Dengan tema kepariwisataan berbasis masyarakat untuk peningkatan perekonomian masyarakat.

Ketua Panitia, Anastasya mengatakan, bimtek sadar wisata tersebut diikuti sebanyak 100 pengelolah obyek wisata tentang pelatihan perilaku sadar wisata, menjaga kebersihan lingkungan dan lokasi wisata untuk meminimalisir dampak penyebaran Corona.

"Bimtek sadar wisata dilakukan dengan protokol kesehatan secara ketat dengan tetap mematuhi protokol kesehatan pakai masker dan menjaga jarak," kata Anastasya.

Adapun narasumber Kadis Pariwisata Sumbar Novrial, Wakil Ketua DPRD Sumbar Indra Datuak Rajo Lelo, pengurus DPD HPI M. Iqbal, dan Green Tourism Indonesia Andri.

Sementara itu Kadis Pariwisata Sumbar, Novrial mengatakan Konsep pengembangan pariwisata Sumbar kedepan yakni dari kita untuk kita, dimana pelaku mengupayakan sendiri, berinisiatif sendiri dan petik hasil sendiri, sementara pemerintah selaku pendorong.

Selain itu, katanya ada 7 unsur sapta pesona, sapta pesona tidak hanya dihafal tetapi difikirkan di daerah masing-masing

Selanjutnya, perlu menjadi pemahaman apakah pariwisata itu sudah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekitar atau tidak, jika itu dirasakan manfaatnya maka pengembangan wisata itu dianggap sukses.

"Semua orang berbicara pariwisata dimana Provinsi Sumbar terus berkembang pariwisata dengan variasi obyeknya dengan gunung dan sungai, hal itu sebuah potensi sekaligus tantangan," tuturnya.

Persoalan yang dihadali, lanjutnya adalah karena sumber daya manusia, SDM di Sumbar harus di-upgrade agar semua orang merasakan dampak pariwisata itu sendiri.

Sesi tinjauan obyek di hari kedua yakni melihat langsung keindahan obyek Green Talau Park di Ulakan, Padang Pariaman. (RI)


Editor/Sumber: Rahmat Ilahi (Kang Rie)

facebook twitter whatsapp linkedin pinteret email
polling cagub sumbar
REKOMENDASI
Selengkapnya

FOLLOW US
Redaksi Disclaimer Karir Info Iklan Logo Kontak Pedoman Media Siber