× Home Terkini Hot Topic Terpopuler Kategori Tag Berita Foto Video

Jika Mau Maju Pariwisata Sumbar, Ini Tips Trik dari Novrial

Rabu, 16 September 2020
Jika Mau Maju Pariwisata Sumbar, Ini Tips Trik dari Novrial
Bimtek ke13 di hotel grand zuri, rabu, (16/9)

PADANG -- Dinas Pariwisata (Dinpar) Sumatera Barat (Sumbar) kembali menyelenggarakan Bimbingan Tekhnis (Bimtek) peningkatan dan pengembangan sadar wisata bagi 100 warga dan kelompok sadar wisata (Pokadarwis) asal Kota Padang di Hotel Grand Zuri, Rabu, (16/9/2020).

Kadis Pariwisata Sumbar, Novrial mengatakan, kita terlalu banyak bisa retorika dalam pariwisata sehingga kita tidak secemerlang ketimbang provinsi tetangga. Hal ini disebabkan karena kita tidak memahami roh pariwisata.

Lihat juga: Tempat Tinggal Pegawai Salah Satu Bank di Pasbar yang Terpapar Covid 19 Disemprot disinfektan

"Bimtek ini untuk bertujuan untuk piti masuak atau uang masuk, konsepnya pariwisata adalah peningkatan ekonomi. Inilah mengapa kegiatan ini sangat perlu dan penting, Karena dengan mengikuti kegiatan ini para kelompok sadar wisata bisa lebih pintar dan memahami serta menambah wawasan," ujarnya.

Selanjutnya, jika ingin memajukan adalah perobahan persepsi, dimana kita harus tahu berapa lama orang yang tinggal dan berapa uang yang sudah dihabiskan di obyek tersebut.

Ia menambahkan untuk mewujudkan pariwisata yang ideal yakni obyek wisata dengan standar ideal, paham pariwisata secara utuh, expos story telling, pilih aktivitas yang menarik.

Kemudian, menggelar event, dan membuat produk ekraf yang unik serta paling penting pemasaran efektif efisien.

Ketua Panitia Anstasya mengtakan pelatihan tersebut diikuti sebanyak 100 pengelolah obyek wisata dari Kota Padang. Para peserta wajib mematuhi protokol dengan 3 M yakni menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan dengan sabun.

"Ini adalah bimtek sadar wisata ke13 dari 18 kegiatan, kali ini dana berasal dari Dana Aspirasi Indra Dt Rajo Lelo," tuturnya.

Katanya, kegiatan bimtek ini bertujuan agar pengelolah bisa menjadi tuan rumah yang baik dalam membangkitkan pariwista Sumbar dan mendatangkan income bagi pelaku dan masyarakat sekitar.

Lihat juga: Bacalon Kada Diingatkan Akan Sanksi Hukum Pelanggar Protokol Kesehatan

Adapun pemateri aktivis pokdarwis Rino Kurniawan, Yuliza Zein Ketua Pokdarwis Kubu Gadang, Kadis Pariwisata Novrial dan Wakil Ketua DPRD Sumbar Indra Datuak Rajo Lelo.

Diakhir sesi kunjungan dan experimen ke puncak Bidadari Payo Kota Solok Sumatera Barat. (RI)

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi (Kang Rie)

facebook twitter whatsapp linkedin pinteret email
polling cagub sumbar
REKOMENDASI
Selengkapnya

FOLLOW US
Redaksi Disclaimer Karir Info Iklan Logo Kontak Pedoman Media Siber