× Home Terkini Hot Topic Terpopuler Kategori Tag Berita Foto Video

Dua Orang Raja Nusantara Kunjungi Kerajaan Jambulipo

Rabu, 16 September 2020
Dua Orang Raja Nusantara Kunjungi Kerajaan Jambulipo
Rombongan duo raja nusantra di depan Istana Jambulipo.

SIJUNJUNG -- Dua orang raja Nusantara mengunjungi Istana kerajaan Jambulipo di nagari Lubuk Tarok kabupaten Sijunjung, pada hari Rabu (16/9/2020). Kunjungan itu dimaksudkan untuk menjalin silaturrahmi sesama pewaris kerajaan dalam negara kesatuan Indonesia.

Dua raja Nusantara yang datang ke Jambulipo Lubuk Tarok itu, yaitu raja Maros sulawesi Selatan Y. M. Brigjen. Pol. DR. Drs. A. A. Mapparessa. M. M. MSi. Karaeng Turikale VIII bersama parmisuri dan Raden Ahmad Jazuli Keraton Kesepuhan Cerebon Jawa Barat, disambut oleh rajo tigo selo Jambulipo bersama perangkat dan ninik mamak Lubuk Tarok secara adat di Istana Jambulipo.

Lihat juga: Dewan Mesjid Kab. Solok Dikukuhkan, Bupati Ingatkan Jangan Keluar Dari Sunnah

Rajo alam Jambulipo F. Bagindo Tan Ameh, mengucapkan selamat datang dan merasa terharu, atas kunjungan Yang Mulia dari dua kerajaan nusantara untuk memperkokoh hubungan silaturrahmi sesama anggota Forum raja-raja se nusantara, dengan harapan hubungan silaturrahmi semakin kuat di masa mendatang.

Sementara itu Raja Karaeng Turikale VIII Maros Sulawesi Selatan. A. A. Mappatessa yang pernah bertugas di Bengkulu dan Aceh itu mengatakan, pewaris kerajaan se nusantara sekarang bukan lagi sebagai penguasa, tetapi berfungsi sebagai pewsris adat dan budaya dalam pembinaan budaya bangsa Indonesia.

Lihat juga: KPK Apresiasi Hubungan Harmonis Eksekutif dan Legislatif di Kota Padang Panjang

"Jika generasi muda tetap kuat dengan jati dirinya selaku anak bangsa, maka meteka akan terhindar dari pengaruh budaya asing, apalagi tindakan radikal dan terorisme.
Khusus hubungan Sumatera Barat (Minangkabau) dengan Sulawesi Selatan, sebenarnya sudah terjalin sejak 4 abat yang silam, yaitu dengan beberapa ulama Islam dari Minang datang ke Sulawesi untuk mengembangkan agama Isalm, antaranya
Dt. Ditiro dan Dt. Tien Badar dengan nama kecilnya Abdul. Makmur," tuturnya.

Usai acara di Istana Kerajaan Jambulipo itu, dilanjutkan dengan ziarah ke makam rajo-rajo Jambulipo yang langsung dipandu oleh rajo tigo selo Jambulipo yang letaknya berada di komplek Istana tersebut. (Rs)

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi (Kang Rie)

facebook twitter whatsapp linkedin pinteret email
polling cagub sumbar
REKOMENDASI
Selengkapnya

FOLLOW US
Redaksi Disclaimer Karir Info Iklan Logo Kontak Pedoman Media Siber