× Home Terkini Hot Topic Terpopuler Kategori Tag Berita Foto Video

Bila Nanti Terpilih, Paslon Eka-Richi Pastikan Kesejahteraan Petani

Kamis, 05 November 2020
Bila Nanti Terpilih, Paslon Eka-Richi Pastikan Kesejahteraan Petani
Calon Bupati Tanah Datar Eka Putra

TANAH DATAR - Tim Pemenangan Eka Richi, memastikan programnya tentang pertanian tak lain untuk kesejahteraan petani di Tanah Datar.

Sekretaris Tim pemenangan Novita Kemala menyampaikan, mulai dari menggratiskan biaya peralatan pertanian seperti membajak sawah.

"Saya kira beban masyarakat sudah cukup berat ya. Makanya kita akan menggratiskan traktor, Bajak dan mesin potong rumput," ujarnya.

"Di kecamatan dan nagari akan dibuat UPT, nah UPT ini akan mengelola alatnya itu. Jadi gak lagi dibebankan ke petani kita", kata Nofitra, Kamis (05/11/2020).

Ia menjelaskan, untuk program ini, akan diambil dari dana APBD dan akan dicari ke APBN.

"Pak Eka-Richi punya link ke pusat, gak cukup dari APBD kita cari lewat APBN. Gak usah ragu, pak Eka ini telah berbuat sejak lama, jadi gak ada yang tidak mungkin," ucapnya.

"Yang gak ada kita bikin, yang sudah ada kita perbaiki sektor pertanian ini," tegas Nofitra.

Selain itu, menurut Nofitra, Eka-Richi juga membuat program penambahan kuota pupuk bersubsidi untuk petani.

"Karena pupuk selalu kekurangan kita. Selain itu, juga bibit atau benih gratis untuk masyarakat. Sehingga biaya operasional masyarakat bisa ditekan sehingga hasil pertanian itu nampak," jelas dia.

"Untuk pupuk ini, juga akan kita ajak produk pupuk organik daerah. Dengan mengajak berkolaborasi, pupuk akan tersedia dengan baik. Dan produk pupuk daerah kita juga mengalami kemajuan," sambungnya.

Disamping itu, kata Nofitra yang tak kalah penting adalah memaksimalkan fungsi irigasi.

"Karena daerah kita bukan daerah hujan. Urat nadi pertanian itu air, kalau perlu kita bikin pompanisasi. Air dinaikkan ke embung sehingga air benar-benar terjamin untuk petani kita," tukas dia.

Selain beberapa program tersebut, Nofitra juga menjelaskan, pasangan Eka Richi juga akan meningkatkan kuota asuransi tani.

"Eka Richi berkomitmen meningkatkan jumlah kartu tani sebagai basis petani untuk menjamin para petani kita," pungkasnya. (Pede)


Editor/Sumber: Tirman

facebook twitter whatsapp linkedin pinteret email

REKOMENDASI
Selengkapnya

TERPOPULER

FOLLOW US
Redaksi Disclaimer Karir Info Iklan Logo Kontak Pedoman Media Siber