× Home Terkini Hot Topic Terpopuler Kategori Tag Berita Foto Video

Gawat! Media Australia Blak-blakan Sebut Objek Asing yang Masuk RI Itu Drone Intai China

Senin, 04 Januari 2021
Gawat! Media Australia Blak-blakan Sebut Objek Asing yang Masuk RI Itu Drone Intai China
Autonomous underwater vehicle (AUV). (Foto: Dok. Istimewa)

MINANGKABAUNEWS, INTERNASIONAL -- Temuan objek asing mirip drone menghebohkan Indonesia beberapa hari ini. Temuan itu dilaporkan oleh media Australia, News.com, yang juga mengatakan jika bentuk drone seperti tabung namun memiliki sayap. Namun perangkat tersebut dipenuhi dengan banyak sensor serta transmitter jarak jauh yang bertugas untuk mengirimkan hasil temuan ke markas, dikutip Senin (4/1/2021).

Dilaporkan media itu, jika salah satu drone ditemukan di Selat Malaka. Ini adalah jalur perairan antara Indonesia dan Singapura juga merupakan jalur tersibuk pengiriman.

Sementara itu dua lainnya ditemukan di dekat Selat Sunda dan wilayah Lombok. Salah satu drone memiliki panjang 225 cm ditemukan oleh seorang nelayan lalu dilaporkan ke polisi setempat dan menghubungi pihak TNI AL.

News.com menyatakan jika ketiganya merupakan jalur penting yang menghubungkan Laut China Selatan (LCS) ke Samudera Hindia, jika ada yang bisa mengontrol "jalan" itu maka akan membuat ekonomi di seluruh negara bisa bertekuk lutut. Jalur tersebut juga merupakan wilayah pengiriman penting bahan bakar olahan Singapura menuju Australia.

Analis perang kapal selam, H.I Sutton juga menyebutkan kehadiran drone tersebut bisa jadi kecurigaan China untuk melakukan pengintaian. Ataupun melakukan rencana untuk angkatan laut lainnya. (CNBC)


Editor/Sumber: Rahmat/cnbcindonesia.com

facebook twitter whatsapp linkedin pinteret email

REKOMENDASI
Selengkapnya

TERPOPULER

FOLLOW US
Redaksi Disclaimer Karir Info Iklan Logo Kontak Pedoman Media Siber