× Home Terkini Hot Topic Terpopuler Kategori Tag Berita Foto Video

Hari ke 4 Kunker, Bupati Pasaman Sampaikan Capaian Indikator Program Pembangunan Selama Menjabat

Senin, 18 Januari 2021
Hari ke 4 Kunker, Bupati Pasaman Sampaikan Capaian Indikator Program Pembangunan Selama Menjabat
Hari Ke 4 Bupati Yusuf Lubis Kunker di Kecamatan Rao Selatan

MINANGKABAUNEWS, PASAMAN - Hari ke 4 jadwal Roadshow Kunjungan Kerja (Kunker) Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis, SH, Msi dalam rangka silatuhrami dengan seluruh elemen masyarakat untuk menyampaikan harapan dan masukan diakhir periode pemerintahnnya ke kecamatan-kecamatan dipusatkan di Lansat Kadap, Kecamatan Rao Selatan, Senin (18/01)

Turut mendampingi Bupati dalam Kunker keempat di Rao Selatan, Ketua TP-PKK, Ny. Suryani Nasution, Asisten, Staf Ahli, Kadis Kominfo dan beberapa pejabat dilingkungan Pemda Pasaman.

Di kesempatan yang sama, Ketua TP-PKK Kabupaten dalam sambutannya mengatakan sebagai mitra Pemerintah, PKK sudah membantu untuk menjalankan tugas-tugas pemerintahan dan membina masyarakat dari segala bidang, baik itu keagamaan, ekonomi, kesehatan dan secara umum membantu Bupati dalam menjalankan Visi Kabupaten Pasaman Sejahtera, Agamis dan berbudaya.

"Tanpa terasa waktu berganti, kami telah sampai diujung masa tugas sebagai ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pasaman tahun 2021, banyak hal yang kita kerjakan bersama, dalam menjalankan tugas PKK, dalam menjalankan tugas tentu ada kekurangan dan ketidak sempurnaan, untuk itu saya dan kawan-kawan meminta maaf kepada Bapak dan Ibu," ungkap Ny. Suryani.

Ia, juga mengatakan bahwa selama 5 tahun yang telah dilalui Tim penggerak PKK Kabupaten Pasaman sudah beberapa kali mewakili Sumatera Barat dan meraih prestasi dalam ajang Lomba ADM tingkat Nasional tahun 2017, lomba UP2K PKK Nasional tahun 2018 meraih Juara Harapan 1 di Jakarta, lomba masak menu B2SA meraih Juara III di Palangkaraya, Lomba PKK KB Kesehatan meraih Juara III dan masih banyak lagi prestasi yang diraih di tingkat Provinsi.

Ny. Suryani Nasution, berharap semua program serta tugas yang telah dijalankan agar dilanjutkan oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan, Nagari dan Jorong di Kabupaten Pasaman.

Sementara itu, Bupati Yusuf Lubis, mengucapkan terimakasih atas sambutan dalam acara yang diberikan perangkat dan jajararan camat dan masyarakat yang patuh menjalankan protokol kesehatan covid 19 dalam memutus rantai penyebaran covid 19, dimana terlihat menyediakan cuci tangan pakai sabun diluar ruangan acara, memakai masker dan pembatasan jarak bagi yang hadir dalam acara.

Harapan yang sama, Bupati Yusuf Lubis sampaikan disetiap kecamatan yang telah dikunjungi, kepada seluruh Camat, Wali Nagari dan seluruh perangkatnya beserta staf, mari tingkatkan kinerja dan disiplin dalam menjalankan tugas pada jam-jam kerja dari awal masuk sampai dengan jam pulang kerja, serta perbaiki sistem pelayanan maupun sistem lainnya yang selama ini cukup baik, karena pemerintahan Kecamatan dan Nagari merupakan tombak yang paling bawah dalam pelayanan."

Sambung Bupati Yusuf Lubis, selain dari harapan peningkatan pelayanan, kedisiplinan, kinerja, dan yang terpenting juga adalah peningkatan kebersihan baik dilingkungan kantor maupun dilingkungan masyarakat dan dalam melaksanakan tugas untuk melayani masyarakat adalah ikhlas, karena APBD Kabupaten Pasaman kecil.

Kepada Camat dan Wali Nagari untuk dapat meningkatkan pengawasan kepada bawahannya dalam bekerja, dan untuk dapat tingkatkan hubungan yang baik dengan instansi vertikal baik yang ada diwilayah kerjanya.

Menyinggung dengan dekatnya waktu Purna Tugas Bupati Yusuf Lubis dalam memimpin pelayanan kepada masyarakat, Bupati Yusuf Lubis menyampaikan maaf dan pamit, dimana kemungkinan masih ada pelayanan yang belum rampung di periode jangka menengah pemerintahan yang dipimpinnya.

Lebih lanjut Bupati Yusuf Lubis menyampaikan capaian indikator program pembangunan selama tahun 2016-2021, pada bidang keagamaan, disebutkan dari target 96 %, anak usia sekolah setingkat SD yang melek huruf Alquran telah tercapai 96, 7%. Capaian ini diperoleh melalui kebijakan pelaksanaan Tahfiz Quran pada jenjang pendidikan setingkat SD, SLTP se Kabupaten Pasaman.

"Pemda Pasaman juga telah menyelesaikan pembangunan Islamic Center di Lubuk Sikaping yang akan digunakan sebagai wadah dan sarana pusat kegiatan serta kajian agama Islam di Kabupaten Pasaman," tambah Bupati Yusuf Lubis.

Sementara itu, pada bidang pendidikan, telah tercapainya sasaran partisipasi sekolah yang dinilai lebih baik dan pada bidang kesehatan dari tahun 2019 masyarakat Kabupaten Pasaman telah mendapatkan jaminan pelayanan kesehatan melalui BPJS dengan Sistem UHC dalam artian seluruh masyarakat Kabupaten Pasaman bisa langsung mendapatkan kartu BPJS kesehatan pada saat berobat tanpa harus menunggu beberapa waktu bagi peserta mandiri.

Di bidang Infrastruktur jalan, Bupati Yusuf Lubis juga menyampaikan telah berupaya melakukan program peningkatan infrastrukur konektivitas Kabupaten Pasaman ke daerah tetangga, yaitu Kabupaten Padang lawas, Kabupaten Mandailing Natal dan Kecamatan Bonjol-Suliki Kabupaten 50 Kota.

Bupati Yusuf Lubis juga menyampaikan beberapa capaian yang telah diraih seperti meraih peringkat ke 2 se-Sumbar pada penilaian laporan penyelengaraan pemerintahan (LPPD), meraih Predikat "B" untuk Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi (SAKIP), meraih Kabupaten Sangat Inovative dalam penilaian Inovative Goverment Award Tahun 2020 yang diberikan Menteri Dalam Negeri, mendapatkan Kepuasan Pelayanan Publik yang baik selama peridoe 2016-2020 yang mana diantaranya pada sisi pelayanan Administrasi Kependudukan, layanan RSUD serta Layanan Perizinan dan meraih Penghargaan WTP selama 5 Tahun Berturut-turut.

Di penghujung acara kunker tersebut, Bupati Yusuf Lubis membagikan kenangan berupa buku memorial kepemimpinan Yusuf Lubis di Kabupaten Pasaman kepada Wali Nagari dan Tokoh Masyarakat dan masyarakat setempat yang dilanjutkan makan siang bersama di gedung aula tersebut.

Acara tersebut dihadiri oleh Forkopimda Rao Selatan, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda, seluruh staf kecamatan, wali nagari dan masyarakat. (Verdi)

Editor/Sumber: Indra Gunawan

facebook twitter whatsapp linkedin pinteret email
REKOMENDASI
Selengkapnya

TERPOPULER
FOLLOW US
Redaksi Disclaimer Karir Info Iklan Logo Kontak Pedoman Media Siber