× Home Terkini Hot Topic Terpopuler Kategori Tag Berita Foto Video

Fakta Mengejutkan dari Foto Moeldoko Bareng Jenderal Ganas Pelaku Kudeta Myanmar

Sabtu, 06 Maret 2021
Fakta Mengejutkan dari Foto Moeldoko Bareng Jenderal Ganas Pelaku Kudeta Myanmar
Moeldoko dan Jenderal Min Aung Hlaing. (Foto: Dok. Istimewa)

MINANGKABAUNEWS, NASIONAL -- Foto eks Panglima TNI Jenderal (Purn) Moeldoko bertemu Panglima Angkatan Bersenjata (Pangab) Myanmar Senior General Min Aung Hlaing di Markas Besar (Mabes) TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, 17 Februari 2014, lalu kembali viral di media sosial (medsos). Tidak hanya foto, pertemuan Moeldoko dengan Ming Aung Hlaing berupa video juga ramai dibicarakan warganet (netizen).

Foto dua pimpinan militer tersebut dengan pose salam komando, dan Moeldoko maupun Min Aung Hlaing sama-sama tersenyum. Peneliti kebijakan strategis and militer di Centre for Strategic and International Studies (CSIS), Evan A Laksmana termasuk yang mengunggah foto tersebut. "Kisah dua kudeta?" katanya lewat akun Twitter @EvanLaksmana.

Foto itu menjadi menarik lantaran Moeldoko pada Jumat (5/3), berhasil menjadi ketua umum DPP Partai Demokrat usai pecatan kader mengadakan kongres luar biasa (KLB) di Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatra Utara. KBL di Sumut diawaki Marzuki Alie dan Johnny Allen Marbun.

Moeldoko mengkudeta posisi yang ditempati Mayor (Purn) Agus Harimurti Yudhoyono, yang kepengurusannya disahkan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Komnas HAM). Moeldoko saat ini, menjabat sebagai Kepala Staf Presiden (KSP), yang menjadi lingkaran satu Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Adapun Jenderal Senior Min Aung Hlaing adalah pemimpin junta yang melakukan kudeta militer terhadap Aung San Suu Kyi, yang memenangi hasil pemilu Myanmar secara demokratis pada November 2020. Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD), partai Aung San Suu Kyi meraih 346 kursi atau setara dengan 83 persen.

Hal itu ditolak militer hingga mereka melakukan kudeta kepada pemerintahan yang sah pada awal Februari 2021, dengan menangkap penasihat senior Aung San Suu Kyi dan Presiden Win Myint, serta beberapa tokoh lainnya. Hingga kini, militer Myanmar masih berkuasa dan abai dengan kecaman dunia luar.

Terkait foto Moeldoko dan Min Aung Hlaing, hal itu terjadi saat ia menjabat panglima TNI periode 2013-2015. Dalam siaran pers Puspen TNI, Panglima TNI Jenderal Moeldoko didampingi Wakil KSAD Letjen M Munir, Wakil KSAD Laksdya Hari Bowo, Wakil KSAU Marsdya Sunaryo menerima kunjungan kehormatan Pangab Myanmar Senior General Min Aung Hlaing.

Min Aung Hlaing berkunjung ke Indonesia didampingi oleh Letjen Aung Than Htut, Mayjen Mya Tun Oo, Laksda Tin Aung San di Mabes TNI, Cilangkap, Senin (17/2/2014). Dalam pertemuan tersebut, Panglima TNI dan Pangab Myanmar membahas peningkatan kerjasama militer kedua negara. (Rep)

Editor/Sumber: Rahmat/Republika.co.id

facebook twitter whatsapp linkedin pinteret email
REKOMENDASI
Selengkapnya

TERPOPULER
FOLLOW US
Redaksi Disclaimer Karir Info Iklan Logo Kontak Pedoman Media Siber