× Home Terkini Hot Topic Terpopuler Kategori Tag Berita Foto Video

Waduh! Nama Prabowo Mendadak Disebut-sebut Menhan Amerika, Ada Apa?

Kamis, 01 April 2021
Waduh! Nama Prabowo Mendadak Disebut-sebut Menhan Amerika, Ada Apa?
Menhan Prabowo Subianto (Foto: Dok. Istimewa)

MINANGKABAUNEWS, NASIONAL -- Menteri Pertahanan (Menhan) Amerika Serikat (AS) Lloyd Austin mencuitkan nama Menhan RI Prabowo Subianto di akun Twitternya. Ia menyampaikan bahwa dirinya telah berbincang melalui telepon dengan Prabowo, Rabu (31/3/2021) dini hari.

"Saya melakukan diskusi awalan pagi ini dengan Menteri Pertahanan Indonesia @Prabowo, di mana kami berdiskusi mengenai keamanan maritim kawasan dan peluang untuk mempererat kerjasama pertahanan secara bilateral antara kedua negara," cuit Austinm dikutip, Kamis (1/4/2021).

Lalu apa saja yang menjadi poin pembicaraan Prabowo dan Lloyd Austin itu?

Berdasarkan rilis Pentagon, setidaknya ada empat hal yang dibicarakan Prabowo dan Austin. Yakni:

1. Laut China Selatan (LCS)

Kedua negara sepakat untuk bekerja sama untuk menjaga keamanan dan perdamaian di Laut China Selatan (LCS). Hal ini disampaikan oleh Juru Bicara Pentagon John Kirby.

"Menteri Austin dan Menteri Prabowo mendiskusikan keamanan regional termasuk tantangan situasi di Laut China Selatan dan juga kerja sama bilateral di bidang pertahanan," kata Kirby dalam pernyataan pers-nya.

Sebagaimana diketahui, China mengklaim 90% wilayah LCS sebagai kawasan teritorinya. Ini membuat ketegangan terjadi di LCS.

Filipina berseteru dengan sejumlah negara ASEAN, seperti Malaysia, Filipina, Vietnam dan Brunei. Dengan Indonesia, ketegangan terjadi di Laut Natuna Utara.

2. Myanmar

Selain LCS, isu regional berikutnya yang dibahas adalah Myanmar. Kedua negara sepakat bahwa kekerasan bukanlah langkah yang tepat untuk kemajuan negara itu.

Sebagaimana diketahui Myanmar dilanda krisis sejak kudeta dilancarkan junta militer 1 Februari lalu. Penggulingan pemerintah sipil yang dipimpin Aung San Suu Kyi, membuat demonstrasi besar-besaran dua bulan ini.

Namun sayangnya, junta bertindak makin keras ke warga. Setidakya lebih dari 500 pendemo meninggal, termasuk anak-anak, dan ribuan pendukung demokrasi ditangkap.

3. Kerjasama Pertahanan

Dalam panggilan itu AS dan Indonesia sepakat untuk memperkuat kemampuan pertahanan kedua negara secara bersama-sama. Untuk mengimplementasikan kerjasama kedua negara di bidang itu, Austin menyatakan pentingnya digelar latihan bersama pada bulan Agustus mendatang.

"Menhan Austin menekankan pentingnya mengembangkan lebih lanjut hubungan pertahanan antara kedua negara dan menyoroti latihan Angkatan Darat-ke-Angkatan Darat, Garuda Shield, yang dijadwalkan berlangsung pada bulan Agustus sebagai kesempatan untuk membangun interoperabilitas yang lebih besar antara angkatan bersenjata," tulis sebuah rilis Pentagon.

Sebagaimana diketahui, sepekan ini, Prabowo tengah gecar mengunjungi sejumlah negara untuk kerja sama alat-alat militer. Teranyar, Prabowo meneken deal kerja sama kemungkinan pembelian senjata dari Jepang awal pekan ini.

4. Belasungkawa Bom Katedral Makassar

Dalam panggilan itu, Austin juga menyampaikan belasungkawa atas serangan teroris yang terjadi di depan Gereja Katedral, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, pada, akhir pekan lalu. Kejadian tersebut telah menyebabkan sepasang suami istri pelaku meninggal dunia dan 14 orang lainnya luka. (CN)

Editor/Sumber: Rahmat/cnbcindonesia.com

facebook twitter whatsapp linkedin pinteret email
REKOMENDASI
Selengkapnya

TERPOPULER
FOLLOW US
Redaksi Disclaimer Karir Info Iklan Logo Kontak Pedoman Media Siber