× Home Terkini Hot Topic Terpopuler Kategori Tag Berita Foto Video

Pengurus Osis SMA 6 Solok Selatan Dapatkan Pembekalan Latihan Dasar Kepemimpinan

Minggu, 04 April 2021
Pengurus Osis SMA 6 Solok Selatan Dapatkan Pembekalan Latihan Dasar Kepemimpinan
Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) pengurus Osis SMA 6 Solok Selatan

MINANGKABAUNEWS, SOLOK SELATAN -- Setelah melalui beberapa tahap seleksi dan penjaringan hingga penetapan calon terpilih Ketua dan Wakil Ketua serta pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (Osis) SMA 6 Solok Selatan periode tahun 2021.

Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) sebagai program pertama yang digelar pada akhir bulan Maret 2021 lalu sebagai pembekalan calon pemimpin dimasa depan.

Ketua Osis SMA 6 Solok Selatan, Amanda Widia Eka Putri didampingi Wakilnya Tegar Fernando mengatakan, untuk memberikan pembekalan kepemimpinan bagi pengurus Osis SMA 6 Solok Selatan ini. Seluruhnya mendapatkan LDK. Sekaligus me jadi program pembuka kegiatan Osis periode ini.

"Pada LDK tersebut, diberikan materi kepemimpinan, organinsasi, bela negara, wawasan kebangsaan dan pbb," katanya.

Dengan mendatangkan pemateri dari, Gerakan Peduli Pendidikan (GPP) Solok Selatan, personil TNI. Serta ditambah dengan kegiatan kerohanian, tadarus bersama dan tutup dengan kegiatan Outbone.

"Direncanakan, program kerja kedepan, pesantren ramadhan, perayaan hut SMA 6 Solok Selatan, syukuran dan buka bersama serta bagi-bagi takjil pada bulan Ramadhan," jelasnya.

Amanda menambahkan, menjadikan Osis sebagai organisasi independen, tertib administrasi, wadah siswa sebagai pengembangan bakat. Kegiatan berbasis olahraga, ivent dan kegiatan festival seni lainnya.

Pembina Osis SMA 6 Solok Selatan, Sasmawarni dan Nada Fatjri Amispa menjelaskan, sebelumnya dilakukan penjaringan Calon Ketua dan Wakil Ketua beserta pengurus Osis. Didapatkan 3 pasangan Calon Ketua dan Wakil Ketua beserta 56 calon pengurus.

"Setelah itu, dilakukan tes tertulis, wawancara, personaliti, pengetahuan dan wawasan Osis, pengetahuan umum serta minat dan bakat," jelasnya.

Dari pendaftaran pasangan Calon Ketua dan Wakil Ketua Osis, diawali dengan kampanye, debat calon, penyampaian visi dan misi, serta melakukan pemilihan langsung dengan penerapan protokol kesehatan standar Covid-19.

"Kemudian, setelah melalui penjaringan dan pemilihan secara langsung didapatkan satu pasang Ketua dan Wakil Ketua Osis terpilih dan 45 pengurus dengan tujuh bidang kepengurusan Osis," katanya.

Kedepan ditargetkan, program kerja dimasa periode pengurus Osis SMA 6 Solok Selatan sekarang dengan program go to campus. Yang sebelumbya sempat terkendala pada tahun 2020 oleh pandemi Covid-19.

Wakil Kepala Sekolah SMA 6 Solok Selatan, Bidang Kesiswaan, Dani Syahputra menambahkan, organisasi Osis ini diharapkan dijadikan sebagai bentuk kemandirian dan belajar untuk berorganisasi bagi siswa.

"Dengan harapan, bisa mimiliki ide sendiri dan memiliki motivasi serta bisa mengembangkan sayap setelah tamat dari sma ini," tuturnya.

Senada, Kepala SMA 6 Solok Selatan, Syamsuria mengharapakan, dengan adanya jiwa kepemimpinan dan kemandirian melalui organisasi ini. Kedepan mampu bersaing dalam bentuk yang positif.

"Menjadikan generasi muda yang tangguh dan membentuk jiwa pemimpin yang profesional. Manajemen kepemimpinan akan membentuk pemimpin bangsa kedepannya," tandasnya. (dky)

Editor/Sumber: Ronal Dodot

facebook twitter whatsapp linkedin pinteret email
REKOMENDASI
Selengkapnya

TERPOPULER
FOLLOW US
Redaksi Disclaimer Karir Info Iklan Logo Kontak Pedoman Media Siber