× Home Terkini Hot Topic Terpopuler Kategori Tag Berita Foto Video

Gawat! Israel Punya Pesawat Intai Terbaru, Diklaim Sangat Canggih dari Pendahulunya

Senin, 05 April 2021
Gawat! Israel Punya Pesawat Intai Terbaru, Diklaim Sangat Canggih dari Pendahulunya
Pesawat misi intel (ISR) baru Israel bernama Oron (Foto: Dok. Istimewa)

MINANGKABAUNEWS, INTERNASIONAL -- Pasukan Pertahanan Israel (IDF) pada Minggu (4/4) mengumumkan bahwa mereka telah memiliki pesawat pengintai terbaru, yang dijuluki "Oron". Pesawat itu akan memberikan kemampuan yang lebih baik untuk mengumpulkan intelijen dan mengidentifikasi target untuk melancarkan serangan di kawasan termasuk Irak, Iran, dan Yaman.

The "Oron", yang diterjemahkan sebagai "stableman", dikembangkan berdasarkan Gulfstream G550. Oron dirancang untuk memberikan posisi real time yang mampu menemukan penempatan pasukan musuh, bahkan pada jarak yang jauh.

"Pesawat misi intel (ISR) baru, Oron telah mendarat di Israel. Pesawat ini akan memberikan IDF kemampuan yang belum pernah ada sebelumnya. Sensor dan sistem radarnya yang canggih menangkap area yang luas untuk daratan dan pengawasan maritim," ujar Kementerian Pertahanan Israel dalam cuitannya di Twitter, dilansir Sputnik News, Senin (5/4/2021).

Menurut militer Israel, "Oron" dikembangkan selama 9 tahun oleh IDF bekerja sama dengan Kementerian Pertahanan Israel dan kontraktor senjata. Namun, jumlah pasti pesawat Oron yang akan diperoleh IDF masih dirahasiakan.

Menurut pengembangnya, pesawat tersebut dilengkapi dengan berbagai sensor mutakhir, termasuk sistem radar canggih dan kecerdasan buatan. Pesawat itu juga mampu mengidentifikasi target bahkan dalam kondisi cuaca buruk.

"IDF dan angkatan udara sudah memiliki berbagai kemampuan pengumpulan intelijen, tetapi Oron memperkuat keunggulan kami dan kemampuan kami untuk beroperasi di tingkat kedua dan ketiga dan untuk bergerak di antara garis depan dengan cepat dan dalam jangka waktu yang lama," lapor The Times of Israel mengutip pernyataan Kepala Angkatan Udara Israel Amikam Norkin. (Rep)

Editor/Sumber: Rahmat/Republika.co.id

facebook twitter whatsapp linkedin pinteret email
REKOMENDASI
Selengkapnya

TERPOPULER
FOLLOW US
Redaksi Disclaimer Karir Info Iklan Logo Kontak Pedoman Media Siber