× Home Terkini Hot Topic Terpopuler Kategori Tag Berita Foto Video

Nekat Larang Warga Mudik, Jokowi Ngaku tak Mau Kecolongan Lagi

Rabu, 07 April 2021
Nekat Larang Warga Mudik, Jokowi Ngaku tak Mau Kecolongan Lagi
Ilustrasi (Foto: Dok. Istimewa)

MINANGKABAUNEWS, NASIONAL -- Menhub Budi Karya Sumadi kembali menjelaskan soal keseriusan pemerintah mengatur soal larangan mudik 2021. Kebijakan larangan mudik sesuai dengan arahan Presiden Jokowi dalam menekan penyebaran covid-19.

Budi menjelaskan dalam rapat sidang paripurna hari ini (7/4) kemenhub melaporkan bahwa survei terbaru bahwa apabila tidak ada larangan mudik maka 33% orang masih mudik yang jumlahnya diperkirakan 81 juta orang. Selain itu, saat ada larangan mudik maka masih ada warga yang ingin mudik sebanyak 11% dengan angka estimasi 20 juta

"Kami identifikasi tujuan mudik ke Jateng 37% 12 juta, Jabar 6 juta dan Jatim," kata Budi dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (7/4).

Artinya meski ada larangan, kegiatan mudik oleh masyarakat memang tak bisa dihindari tapi setidaknya bisa ditekan dengan upaya aparat di lapangan dan kesadaran warga.

"Presiden minta mitigasi dari tahun 2020. Kita ketahui menko PMK sudah tetapkan libur lebaran dilarang 6-17 Mei secara konsisten akan menindaklanjuti secara detail kami menunggu arahan dari menko perekonomian dan satgas covid-19 yang akan berikan SE kami tindaklanjuti PM," katanya.

Ia mengatakan Presiden Jokowi tak ingin kejadian pada 2020 terulang menyebabkan eskalasi lonjakan kasus di dalam negeri.

"Setelah mudik Natal itu terjadi kenaikan paparan tinggi terdapat nakes lebih dari 100 orang. Kedua ada lonjakan drastis di Januari-Februari, dibandingkan tanggal ke tanggal ada kenaikan. Catatan dari menkes lansia itu berisiko tinggi ini yang harus kita beri perlindungan," katanya. (CN)

Editor/Sumber: Rahmat/cnbcindonesia.com

facebook twitter whatsapp linkedin pinteret email
REKOMENDASI
Selengkapnya

TERPOPULER
FOLLOW US
Redaksi Disclaimer Karir Info Iklan Logo Kontak Pedoman Media Siber