× Home Terkini Hot Topic Terpopuler Kategori Tag Berita Foto Video

Bupati Tanah Datar Eka Putra Lantik Pengurus TPPKK

Kamis, 08 April 2021
Bupati Tanah Datar Eka Putra Lantik Pengurus TPPKK
Pelantikan pengurus TPPKK Kabupaten Tanah Datar

MINANGKABAUNEWS, TANAH DATAR - Kepengurusan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TPPKK) Kabupaten Tanah Datar Masa Bakti 2021-2024 Resmi dilantik Bupati Tanah Datar Eka Putra. Pelantikan yang bertepatan dengan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-49 tingkat Kabupaten Tanah Datar itu dilaksanakan, Rabu (07/04/2021) di Gazebo Gedung Indo Jolito Batusangkar.

Wakil Ketua TPPKK Tanah Datar Ny. Patty Richi Aprian menyampaikan dalam sejarah singkat TPPKK ini bahwa TPPKK terbentuk tahun 1957 dalam sebuah seminar home economic di Bogor, kala itu lahirlah 10 rumusan segi kehidupan dalam keluarga yang kemudian ditindak lanjuti Kementerian Pendidikan Pengajaran dan Kebudayaan pada tahun 1961 yang menetapkan 10 rumusan tersebut sebagai kurikulum pendidikan yang diajarkan di sekolah-sekolah.

Dari kisah singkat yang disampaikan Ny. Patty Richi Aprian TPPKK juga lahir dari kondisi kehidupan masyarkat di Jawa Timur yang sangat sulit, dan Isteri Gubernur kala itu berinisiatif membentuk TPPKK mulai dari tingkat provinsi hingga ketingkat kelurahan, hingga saat ini sudah menyeluruh di wilayah Indonesia.

Ketua TPPKK Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra pada kesempatan yang sama dalam sambutan Ketua Umum TPPKK dalam rangka HKG PKK ke-49 tahun 2021 itu menyampaikan HKG PKK sebagai momentum yang memiliki arti penting dan strategis dalam implementasi 10 program pokok PKK.

"Gerakan PKK dikelola dari, oleh dan untuk masyarakat serta dilaksanakan seluruh komponen bangsa dalam satu kesatuan dan bertujuan menciptakan masyarakat yang berdaya dan sejahtera", sebutnya.

Dikatakan Ny. Lise Eka Putra HKG PKK ke-49 kali ini mengangkat tema "Keluarga Pelopor Perubahan Menuju Indonesia Maju" yang bermakna TPPKK dan kader diseluruh pelosok nusantara hendaknya tahu, mau dan mampu menjadi garda terdepan untuk mewujudkan keluarga berkualitas dari aspek moral, pendidikan, kesehatan, sosial budaya, ekonomi dan lingkungan hidup.

Terkait kepengurusan yang baru dilantik dan program kedepan Ny. Lise katakan masih banyak hal-hal yang harus dilakukan terutama dalam pemberdayaan keluarga di Tanah Datar.

"Saya yakin dan percaya dengan kepengurusan yang baru saja dilantik Bupati ini akan dapat bekerja maksimal dan sebagai mitra pemerintah daerah kita akan mendukung dan bersinergi demi menciptakan keluarga sejahtera di Tanah Datar", ujarnya.

Terkait program kerja kedepan dikatakan Ny. Lise banyak yang harus dilakukan dan itu akan mengikuti sesuai dengan kemajuan teknologi dan kondisi saat ini seperti e-PKK. Hal itu juga disebabkan dimasa pandemi yang sangat membatasi untuk beraktifitas namun TPPKK akan berbuat maksimal untuk mendukung pembangunan di Tanah Datar.

Sementara itu Bupati Tanah Datar Eka Putra menyampaikan harapan agar Kepengurusan TPPK yang baru saja dilantik mampu bersinergi dengan pemerintah daerah dalam mewujudkan visi dan misi Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Datar.

"Saya berharap kepada kepengurusan yang baru dapat melanjutkan dan memberikan perhatian yang lebih terhadap usaha usaha yang telah dirintis oleh TPPKK sebelumnya, dan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada pengurus TPPKK masa bakti 2016-2021 yang telah berbuat dengan penuh amanah dan tanggungjawab serta dedikasi yang tinggi dalam memajukan PKK", ucapnya.

Disampaikan Eka Putra PKK memiliki peran yang strategis dalam upaya meningkatkan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga serta membantu tugas-tugas pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan.

"Tujuan utama PKK adalah mewujudkan keluarga sejahtera yaitu mampu menciptakan keselarasan, keserasian dan keseimbangan antara kemajuan lahir dan batin", ujarnya.

Sebelum pelantikan kepengurusan yang baru ini kegiatan diawali dengan Rapat Kerja Daerah IX TPPKK Kabupaten Tanah Datar yang dibuka secara resmi Wakil Bupati Richi Aprian di tempat yang sama.

Turut hadir saat pelantikan tersebut Kepala Dinas PMDPPKB Nofenril, dan perwakilan OPD lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Datar. (Pede/irfan)

Editor/Sumber: Tirman

facebook twitter whatsapp linkedin pinteret email
REKOMENDASI
Selengkapnya

TERPOPULER
FOLLOW US
Redaksi Disclaimer Karir Info Iklan Logo Kontak Pedoman Media Siber