× Home Terkini Hot Topic Terpopuler Kategori Tag Berita Foto Video

Gokil Pak Jokowi! Indonesia Bakal Punya Silicon Valley Seperti di Amerika, Ini Lokasinya

Kamis, 08 April 2021
Gokil Pak Jokowi! Indonesia Bakal Punya Silicon Valley Seperti di Amerika, Ini Lokasinya
Silicon Valley di AS (Foto: Dok. Istimewa)

MINANGKABAUNEWS, NASIONAL -- Indonesia bakal memiliki Silicon Valley seperti di Amerika Serikat. Sebuah proyek dengan nama Bukit Algoritma akan segera dibangun di Sukabumi, Jawa Barat.

Perusahaan pelat merah, PT Amarta Karya (Persero) atau Amka baru saja menekan kontrak pekerjaan pengembangan rencana kawasan ekonomi khusus (KEK) pengembangan teknologi dan industri 4.0 tersebut. Penandatangan dilakukan oleh Direktur Utama Amarta Karya Nikolas Agung, Ketua Pelaksana Kiniku Bintang Raya KSO Budiman Sudjatmiko, dan Direktur Utama PT Bintang Raya Lokalestari Dhanny Handoko, Rabu lalu (7/4/2021).

Nikolas mengatakan, proyek ini akan dibangun di lahan seluas 888 ha di Cikidang dan Cibadak Sukabumi. Amarta Karya bertindak sebagai mitra yang membangun Bukit Algoritma.

Untuk tahap awal pembangunan selama tiga tahun ke depan, nilai total proyek diperkirakan bakal menghabiskan 1 miliar euro atau setara dengan Rp 18 triliun.

Dana sebesar itu digunakan antara lain untuk peningkatan kualitas ekonomi 4.0, peningkatan pendidikan dan penciptaan pusat riset dan development sampai meningkatkan sektor pariwisata di kawasan tersebut.

"Pengembangan KEK Sukabumi diharapkan mampu meningkatkan infrastruktur pertumbuhan yang tangguh berkelanjutan dan mewujudkan pembangunan SDM berbasis iptek yang merupakan salah satu alat dukung penuh pemerintah dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (8/4/2021).

Menurutnya, bonus demografi mesti dioptimalkan untuk menyambung Indonesia 2045 serta untuk mitigasi jebakan kelas menengah (middle income trap). Langkah ini ditempuh dengan peningkatan daya saing, produktivitas inovasi dan penguatan SDM.

"Sebab itu, Amka berkomitmen mengambil peran dan andil yang besar dalam rencana proyek Pengembangan KEK Sukabumi ini," tuturnya.

Ketua Pelaksana Kiniku Bintang Raya KSO Budiman Sudjatmiko berharap, Bukit Algoritma diharapkan dapat menjadi pusat R&D dan pengembangan sumber daya manusia di masa depan.

"Muda‐mudi anak bangsa telah banyak yang menorehkan prestasi dan menciptakan inovasi di kancah global. Kelak, kawasan ini akan menjadi salah satu pusat untuk pengembangan inovasi dan teknologi tahap lanjut, seperti misal kecerdasan buatan, robotik, drone (pesawat nirawak), hingga panel surya untuk energi yang bersih dan ramah lingkungan," jelas Budiman.

"Sebab itu, ini merupakan mimpi jangka panjang. Untuk tahap pertama selama tiga tahun, Amka menjadi mitra kepercayaan untuk membangun infrastruktur, termasuk akses jalan raya, fasilitas air bersih, pembangkit listrik, gedung konvensi, dan fasilitas‐fasilitas lainnya," lanjutnya. (Dt)

Editor/Sumber: Rahmat/Detikcom

facebook twitter whatsapp linkedin pinteret email
REKOMENDASI
Selengkapnya

TERPOPULER
FOLLOW US
Redaksi Disclaimer Karir Info Iklan Logo Kontak Pedoman Media Siber